Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Penulis - Penulis buku tema-tema pengembangan potensi diri

Buku baru saya: GOD | Novel baru saya: DEWA RUCI | Menulis bagi saya merupakan perjalanan mengukir sejarah yang akan diwariskan tanpa pernah punah. Profil lengkap saya di http://ruangdiri.com

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Persiapan Resign, Perhatikan 5 Hal Penting Ini!

20 Januari 2024   22:08 Diperbarui: 23 Januari 2024   10:15 236
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Iustrasi resign. (Dok Pixabay)

Pentingnya mengambil keputusan besar, seperti keputusan untuk mengundurkan diri dari pekerjaan, merupakan suatu aspek krusial dalam perjalanan karier seseorang. 

Proses pengambilan keputusan ini bukan hanya sekadar langkah di dunia profesional, melainkan juga melibatkan dimensi kehidupan pribadi yang kompleks. 

Pada dasarnya, resign dari pekerjaan dapat menjadi pilihan yang membutuhkan pertimbangan matang karena mempengaruhi tidak hanya jalur karier, tetapi juga keseimbangan hidup secara keseluruhan.

Langkah untuk mengundurkan diri dari pekerjaan adalah tanda bahwa seseorang telah mencapai titik penting dalam perjalanan karier mereka. Keputusan ini tidak hanya mencerminkan evolusi profesional, tetapi juga menciptakan momen evaluasi diri yang mendalam. 

Proses pengambilan keputusan ini melibatkan refleksi mendalam tentang visi pribadi, tujuan jangka panjang, dan nilai-nilai yang menjadi landasan dalam menjalani kehidupan.

Keputusan untuk resign juga membawa dampak besar pada aspek profesional. Menjelang tahap ini, seseorang perlu mengidentifikasi potensi dampaknya terhadap kehidupan pribadi dan karier. 

Ini mencakup pemahaman bahwa setiap pilihan membuka pintu untuk peluang baru dan tantangan yang mungkin muncul di masa depan. Pengambilan keputusan yang baik memerlukan pemahaman yang mendalam tentang impak jangka panjang dan kemungkinan konsekuensinya.

Dalam banyak kasus, keputusan untuk mengundurkan diri dapat menjadi katalisator untuk pertumbuhan dan perubahan positif. Perubahan pekerjaan seringkali memberikan peluang untuk pengembangan diri, eksplorasi kemampuan baru, dan penemuan potensi tersembunyi. 

Meskipun memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan bisa menimbulkan ketidakpastian, itu juga dapat menjadi langkah menuju pemenuhan diri dan pencapaian tujuan yang lebih besar.

Oleh karena itu, pengambilan keputusan untuk resign dari pekerjaan adalah suatu tahap kritis dalam perjalanan karier yang tidak bisa diabaikan. Langkah ini memerlukan keseimbangan antara evaluasi rasional dan pemahaman emosional, serta mengakui bahwa keputusan besar ini bukan hanya tentang pekerjaan, tetapi juga tentang mencari arti dan kepuasan dalam hidup. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun