Mohon tunggu...
Agung Webe
Agung Webe Mohon Tunggu... Menulis untuk belajar

Buku baru saya: KARMA YOGA | Novel baru saya: DEWA RUCI | Setiap tulisan yang saya posting akan saya edit seiring perkembangan dan perbaikan tulisan guna menambahkan hal yang kurang dari tulisan awal. 36 Buku yang sudah saya tulis dapat dilihat judul dan sinopsisnya di http://warungwebe.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pramugari, Sebuah Profesi atau Hobi?

14 Desember 2016   01:22 Diperbarui: 14 Desember 2016   01:50 0 0 0 Mohon Tunggu...

Apabila kita berpergian naik pesawat, maka kita akan bertemu, disapa dan dilayani oleh Pramugari. Entah itu maskapai tanpa service makan-minum (low cost) atau maskapai dengan service makan-minum, semuanya ada Pramugari.

Siapakah Pramugari ini?

Dari beberapa penumpang pesawat yang saya tanya (walaupun bukan penelitian resmi) mereka mengatakan bahwa Pramugari ini adalah pelayan di pesawat. Merekalah yang mengantar makanan dan minuman dalam penerbangan. Lalu pertanyaan selanjutnya, kalau tidak ada makanan dan minuman yang diberikan, apa fungsi Pramugari? Sebagian dari mereka tetap melihat adanya makanan dan minuman yang dijual selama penerbangan dan menghubungkan kegiatan pekerjaan Pramugari dengan aktifitas makanan dan minuman.

Pekerjaan Pramugari ini masih menjadi ‘trend’ dan favorit bagi mereka (terutama wanita) setelah selesai SMA atau di tengah jalan kuliah dan memilih untuk mencoba menjadi Pramugari. Di dunia international juga demikian, bahwa bagi remaja, pekerjaan Pramugari menjadi suatu pekerjaan yang tergolong diminati.

Apabila pekerjaan Pramugari hanya berhubungan dengan makanan dan minuman, maka mengapa menjadi menarik daripada pekerjaan lainnya yang berhubungan dengan makanan dan minuman? Contoh apabila ditanya, pilih kerja di restoran hotel berbintang atau menjadi Pramugari? Maka mereka memilih menjadi Pramugari.

Pekerjaan ini menarik karena skill atau kemampuan pekerjaan yang dilakukannya, atau karena gaji, atau karena jalan-jalan? Jawabanpun beragam dan yang terbanyak akan menjawab bahwa pekerjaan ini berhubungan dengan jalan-jalan.

Kalau demikian Pramugari dapat dikatagorikan sebagai sebuah Profesi atau Hobi?

Mari kita lihat apa arti Profesi dari wikipedia:

Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris "Profess", yang dalam bahasa Yunani adalah "Επαγγελια", yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen".

Di sini ada penekanan yaitu tetap/permanen. Apabila pekerjaan Pramugari hanyalah kontrak kerja per dua tahun dan kemudian setelah itu berhenti dan bekerja di bidang lain lagi, maka apakah menjadi katagori Profesi?

Ada arti profesi yang kita simak lagi:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2