Mohon tunggu...
Esdi A
Esdi A Mohon Tunggu... Administrasi - write like nobody will rate you

Robbi auzi'nii an asykuro ni'matakallatii an'amta alayya, wa alaa waalidayya; ... ya Allah, betapa banyak nikmat karunia-Mu dan betapa sedikit hamba mensyukurinya. | esdia81@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Hotman Paris dan Media, Benarkah Pemerintah Larang Turunkan Masker Saat Makan?

17 Juli 2021   20:45 Diperbarui: 17 Juli 2021   22:05 190 11 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Hotman Paris dan Media, Benarkah Pemerintah Larang Turunkan Masker Saat Makan?
Tips Hotman Paris makan tanpa melepas masker (Tiktok/ @dehotmanparisofficial).

Membaca judul berita "Hotman Paris Beri Tips Terkait Larangan Pemerintah Turunkan Masker Saat Makan" sedikit rasa penasaran muncul. Apakah maksudnya pemerintah melarang turunkan masker saat makan?

Judul berita tersebut dan isinya tidak sesuai logika walaupun saat ini pemerintah sedang menerapkan PPKM, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat .

Makan minum pakai masker itu sulit kecuali ada modifikasi. Larangan pemerintah terkait protokol kesehatan masa pandemi yaitu agar tidak makan di warung atau resto. Setelah beli langsung pulang, atau pesan secara online lewat aplikasi.

Karena berita itu itu tidak masuk akal, penelusuran berita pembanding perlu dilakukan. Ternyata pemerintah tak pernah menghimbau makan sambil pakai masker. Yang ada yaitu melepas sepenuhnya jika terpaksa misalnya saat hendak makan.

Achmad Yurianto (kompas.com, 12/7/2020):

"Kalau memang terpaksa harus melepas masker, lepas. Jangan disangkutkan di dagu karena droplet kita atau kuman penyakit yang ada di luar yang mungkin nempel di dagu akan pindah ke bagian dalam dari masker kita."


Himbauan yang disampaikan Jubir Satgas Corona di atas memang sudah lama, setahun lalu. Tetapi isinya tetap relevan dan sepertinya tak berubah menjadi larangan membuka masker saat makan.

Meski ada larangan makan di tempat terkait PPKM tetapi aktivitas makan dan minum di luar ruangan atau ruang publik memang tak bisa dihindari sepenuhnya. Karyawan atau pegawai yang bekerja di sektor esensial tetap harus turun ke lapangan. Tidak bisa work from home.

Tangkapan layar video viral pekerja bangunan dipecat karena melepas masker saat minum (tribunnews.com).
Tangkapan layar video viral pekerja bangunan dipecat karena melepas masker saat minum (tribunnews.com).
Yang melarang melepas masker saat makan atau minum itu setahu penulis satpam perumahan dalam berita di media. Seorang pekerja bangunan yang melepas masker saat minum diketahui telah dipecat oleh security karena dianggap melanggar protokol kesehatan (tribunnews.com).

Akan tetapi itu kasusnya satpam perumahan dengan pekerja bangunan, mengapa media lalu mengangkat isu pemerintah melarang masker diturunkan saat makan?

Hal tersebut secara tidak langsung mendiskreditkan pemerintah karena peraturan yang tampak bodoh meski tak sesuai kenyataan. Jika dilakukan orang biasa mungkin bukan persoalan. Akan tetapi ketika ada media dan nama publik figur di situ --dalam hal ini Hotman Paris-- maka masalah menjadi lain.

Dalam konten berita di atas ternyata juga Hotman membuka masker saat makan. Hanya saja ia menariknya saja tanpa melepas atau menurunkan ke dagu.

Sebelum ramai berita tips makan pakai masker di atas, Hotman Paris sempat mengundang dr Lois Owien yang tak percaya corona dalam acara di kanal Youtube yang dipandunya. Meski ada pembanding yaitu dr Tirta tetapi kontroversi seperti itu hanya buang-buang kuota.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan