Mohon tunggu...
Agung Pramono
Agung Pramono Mohon Tunggu... Guru - Guru dan penulis

Agung Pramono berprofesi sebagai guru. Hoby menulis, olah raga dan jalan-jalan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Sosialisasi PKL agar Pelaksanaannya Tidak Bermasalah

6 Februari 2024   10:50 Diperbarui: 6 Februari 2024   11:04 60
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokpri. Sosialisasi PKL

Pada hari, Selasa, 6 Februari 2024, di aula lantai 2 SMK Negeri 1 Jakarta mengadakan sosialisasi PKL untuk kelas XII Teknik Tenaga Listrik dan XII Sistem Informasi Jaringan Aplikasi.  Sekolah mengundang orang tua dan siswa sebanyak 2 rombongan belajar tersebut.

Siswa jurusan TTL dan SIJA adalah kelas 4 tahun, dengan 3 tahun belajar secara teori dan 1 tahun melakukan PKL yang akan dilakukan mulai bulan Juli 2024 sd Mei 2025. Teknik tenaga listrik adalah kompetensi berkaitan dengan ketenagalistrikan. Sistem informasi jaringan aplikasi adalah kompetensi keahlian baru berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Apa yang dimaksud dengan PKL itu ?

PKL adalah salah satu kegiatan belajar yang berlangsung di lingkungan kerja langsung atau di industri.  PKL ini bisa dilakukan siswa SMK atau mahasiswa. Mungkin yang membedakan adalah nama kegiatannya.

Kegiatan yang dilakukan ditempat PKL adalah tergantung jurusan dari siswa tersebut. Jika siswa jurusan Teknik Tenaga Listrik maka sesuai bidang kerjanya misalnya di bidang pembangkitan, transmisi dan distribusi dan pemanfaatn tenaga listrik sebagai peneliti, perancang, insinyur operasi,dan pemeliharan sistem dan peralatan tenaga listrik di instansi pemerintah atau industri ketenaga listrikan.

Jika siswa dari Sistem informasi dan Jaringan Aplikasi maka siswa akan bekerja di bidang web developer, E-commerce system developer, project manager, data analyst, data scientist, system analyst, IT manager, information system manager, business analyst dan IT consultant. Semua pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi informasi.

Dalam sosialisasi dibuka oleh kepala sekolah SMKN 1 Jakarta, Bapak Awalusilman,M.Pd yang menekankan pentingnya kerja sama orang tua dan sekolah agar pelaksanaan PKL berlangsung dengan baik. Keuntungan PKL di kelas XIII membuat peluang siswa yang bersikap baik dan memiliki kompetensi bisa segera di rekrut menjadi karyawan di tempat PKL.

Dokpri. Orang tua dan siswa
Dokpri. Orang tua dan siswa

Selanjutnya sosialisasi PKL yang disampaikan oleh Pak Pram, Bu Wahyu Purwaningsih dan bu Icha Nurisha. Pentingnya berkelakuan baik dan menjaga sopan santun di tempat PKL. Informasi tentang proses pengajuan siswa untuk mendapatkan PKL dan tata tertib selama pelaksanaan PKL. Semua hal tersebut dilakukan agar selama pelaksanaan PKL siswa mengerti dan mematuhi peraturan yang ada sehingga pelaksanaan PKL tidak ada masalah. Setelah pelaksanaan PKL siswa juga diharapkan membuat laporan pelaksaan PKL kemudian di presentasikan untuk mengetahui seberapa kepahaman siswa melaksanakan PKL.

PKL yang ada di SMKN 1 Jakarta terdiri dari dua sistem. Untuk program 4 tahun diadakan di kelas XIII dengan durasi minimal sepuluh bulan hingga setahun. Sedangkan untuk program 3 tahun diadakan dikelas XII  dengan durasi minimal enam bulan.  Selama pelaksanan PKL maka siswa akan di antar, di monitoring dan di jemput oleh guru pembimbing baik itu guru normatif/adaftif dan guru kejuruan. Selama PKL siswa akan selalu dipantau oleh guru pembimbing bekerja sama dengan pembimbing dari dunia industri. Sehingga setiap siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib bisa ditangani dengan segera.

Tujuan PKL

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun