Mohon tunggu...
Agung MSG
Agung MSG Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis - Trainer - Coach

Hidup untuk berbagi dan berkarya mulia @agungmsg #haiedumain

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Berikan Apresiasi Sebatas Langit Imajinasi

21 November 2022   06:59 Diperbarui: 21 November 2022   08:16 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Berikan apresiasi dengan tulus. Ilustrasi : flaticon.com

Sejumlah temuan di lapangan membuktikan, bahwa karyawan yang mendapat apresiasi cenderung happy dan berproduktivitas tinggi. Apresiasi ini juga akan meningkatkan motivasi, rasa penting dan berarti, serta budaya kerja yang bikin happy. Banyak bentuk dan cara untuk memberikan apresiasi kepada karyawan. Tidak sebatas bonus, intensif, tunjangan atau pun promosi. Tapi banyak cara untuk membuat karyawan kita sebagai orang yang penting, berarti dan kita loyal kepadanya. Yaitu untuk senantiasa memberikan dukungan dan pengembangan diri bagi karyawan yang bersangkutan.

Perasaan merasa penting, berarti dan ditunjukkan secara konsisten, adalah salah satu faktor karyawan akan merasa happy dan dihargai. Sebuah survei yang mengejutkan yang dilakukan oleh Gallup, menemukan bahwa 65% pegawai tidak merasa dihargai di tempat kerja. Riset ini, seolah juga diamini dengan survei lain yang dilakukan oleh Office Team. Mereka mengungkapkan bahwa 66% responden kemungkinan besar akan mengundurkan diri jika mereka merasa tidak dihargai.

Tuntutan ini justru lebih besar lagi bila ditujukan kepada generasi millennial dan generasi Z. Karena salah satu bentuk tertinggi apresiasi kita pada mereka adalah fokus kita pada pengembangan bakat dan potensinya. Bukan semata pada karirnya. Bila tidak, mereka akan dengan mudah berpindah kerja ke tempat lainnya.

Lalu, apa yang bisa kita lakukan ?

Mulai saja dengan berkomunikasi yang tulus, hangat, bersahabat dan dekat, dengan cara yang empatik. Termasuk didalamnya menerima mereka apa adanya, serta mensyukuri mereka bisa tetap bersama untuk tujuan kebaikan yang sama. Bentuk dan cara untuk memberikan apresiasi itu sendiri bisa beragam, sebatas langit imajinasi kita. Intinya, temukan banyak cara untuk mengatakan atau menyatakan bahwa anda mengapresiasi mereka. Mereka adalah orang yang PenTiL : penting, berarti, dan secara konsisten kita loyal kepada mereka.

 

Kriteria bentuk dan cara apresiasi ini, tentu saja perlu ada syarat dan batasannya. Namun yang terpenting, berikanlah apresiasi ini hanya kepada yang berprestasi, punya sikap yang baik dan kooperatif, yang sungguh-sungguh dan serius bekerja, atau yang memberikan kontribusi positif bagi perusahaan.

Sekarang, mari kita telusuri beragam bentuk dan cara kita bisa memberikan apresiasi. Pemberian apresiasi ini, tentu bisa disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kemampuan perusahaan itu sendiri.

1. Ajak dalam satu kendaraan atau antarkan

2. Ajak hiburan bersama

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun