Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Ordinary People

Kompasianer of The Year 2019 | Nomine Best in Spesific Interest Kompasianival' 19 | Admin Ketapels | IG @agunghan_ | agungatv@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Ramadan di Rumah Tak Kalah Sibuk dan Serunya!

27 April 2021   17:43 Diperbarui: 27 April 2021   18:23 243 2 0 Mohon Tunggu...

Dua Ramadan terakhir,  dunia masih berkutat dengan pandemi. Ada kabar cukup yang mengejutkan baru-baru ini, adalah melonjaknya angka kasus Covid-19 di India. Hal ini menjadi warning bagi negara lain untuk tetap waspada, bahwa dunia belum sepenuhnya bebas dari wabah. 

Maka Ramadan di rumah saja tak masalah, toh banyak kegiatan bisa dilakukan. Ramadan di rumah tak kalah sibuk dan serunya !

Dua Ramadan terakhir,  kita bisa melihatnya dari sudut pandang yang baik. Bahwa kita sedang diberi kesempatan luar biasa, untuk introspeksi dan membenahi diri.

Dalam keleluasaan waktu di bulan suci, kita sangat dimungkinkan menjaga ibadah di awal waktu, memperbaiki diri untuk kesalahan telah dilakukan.

Berkah Ramadan jangan sampai disia-siakan, puasa bukan alasan untuk mager atau bermalas malasan. Justru di bulan puasa, waktu musti dimanfaatkan untuk melakukan hal baik. Bukankah terdapat nilai ibadah, untuk setiap hal baik (meski kecil) yang dilakukan.

Kalau sejenak kilas balik, banyak kejadian penting terjadi di bulan Ramadan. Perang badar, konon perang terbesar sepanjang sejarah terjadi di bulan Ramadan. Malam turunnya kitab Al Quran, pada 17 Ramadan 13 tahun sebelum Hijriah, penaklukan kota Mekah dan lain sebagainya.

Sedang peristiwa di negeri tercinta, adalah  Proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, dan saya yakin masih banyak kisah penting lainnya.

Maka tak ada salahnya, Ramadan kita jadikan moment perubahan dalam skala kecil yaitu diri pribadi. Perubahan dimulai dari hal sederhana, yang sekiranya bisa dilakukan dalam keseharian.

Misalnya mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat, berbicara yang baik atau diam, makan minum tak berlebih dan seterusnya.

Ramadan di Rumah Tak Kalah Sibuk dan Serunya !

Selama bulan Ramadan ini, banyak waktu saya berkegiatan di rumah. Selepas sholat subuh, biasanya membuka laptop kemudian menulis untuk blog. Setelah fajar terbit, mengerjakan pekerjaan rumah. Misalnya bersih-bersih rumput depan rumah, nyikat kamar mandi, nyuci motor dan sebagainya.

Sejak pandemi satu tahun lalu, nyaris semua pekerjaan dilakukan secara online. Saya kerap mendapatkan undangan webinar, baik melalui zoom ataupun youtube. Otomatis tidak perlu keluar rumah, bisa mengikuti dari kamar atau teras.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x