Mohon tunggu...
Agung Han
Agung Han Mohon Tunggu... Wiraswasta - Blogger Biasa

Part of #Commate'22- Now - KCI | Kompasianer of The Year 2019 | Fruitaholic oTY'18 | Wings Journalys Award' 16 | agungatv@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Artikel Utama

Rahasia Rumah Tangga Awet, "Sing Penting Ojo Neko-neko!"

13 September 2020   06:51 Diperbarui: 13 September 2020   22:10 843
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber | dutaislam.com

Ibu saya adalah orang jadul, cara berpikirnya (sebagian besar) masih seperti di zamannya. Kadang kalau ngobrol, saya musti menjelaskan pelan-pelan.

Misalnya ketika beliau mendengar, belakangan sang menantu (istri saya) berjualan aneka makanan siap santap.

"Jadi setiap pagi masak-masak gitu?" tanyanya polos.

Perempuan yang sudah punya cicit ini, dijamin tidak paham dengan medsos. Maka saya mencari pengganti kata, untuk sebutan FB, IG dan Twitter dengan kata internet.

"Nggak perlu masak buk, jualannya di internet jadi masak setelah ada pesanan," jawab saya dengan kalimat sesederhana mungkin.

"Kok bisa tahu dapat pesanan dari internet, carane piye?"

Nah loh, jawaban yang bertanya dikemukakan. Artinya saya musti bersiap, menjelaskan panjang lebar.

Kadang sekali menjawab belum tentu cukup, ada beberapa bagian yang musti diulang.

Beda orang jaman dulu beda orang jaman sekarang, setiap masa tantangannya tentu berbeda. Saya merasakan hal demikian, setelah (mungkin) separuh jatah usia sudah saya lampaui.

Tetapi terlepas dari masalah gaptek, orang jadul pada umumnya adalah tipe orang yang setia. Setia pada apapun itu.

Ibu saya berjualan sembako di pasar kampung, dari anak pertamanya masih merangkak (awal tahun 60-an).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun