Mohon tunggu...
Noer UlumAgung
Noer UlumAgung Mohon Tunggu... Guru - Guru SMKN 1 Jrengik

Guru Otomotif yang sedang menekuni dunia tulis menulis

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Kotabaru: Eksotisme "Tersembunyi" di Kalimantan

12 Mei 2023   10:10 Diperbarui: 12 Mei 2023   10:13 491
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Taman Hutan Meranti, salah satu wisata ikonik Kabupaten Kotabaru. Dari sini pengunjung dapat melihat indanya Bumi Saijaan (Dok. Pribadi)

"inilah Kotabaru, kabupaten ujung timur kalimantan selatan yang memiliki keindahan panorama alam, mulai dari laut, gunung hingga bukit yang indah. Semua masih alami, kami hanya menambah beberapa fasilitas yang diangap perlu sebagai pelengkap destinasi wisata" -- Sayed Jafar Alydrus

Kicauan burung fajar seakan mengajak untuk segera beranjak dari peraduan, pagi ini aku akan mengadakan kunjungan ke Kabupaten Kotabaru, Provinsi Kalimantan Selatan. Disana aku mendapatkan undangan dari H. Sayed Jafar Alydrus, Bupati Kotabaru sebagai apresiasi atas raihan prestasi kala menamatkan studi di Universitas DR. Soetomo.

Aku bersama sembilan orang wisudawan terbaik akan terbang ke Kotabaru untuk menikmati indahnya panorama alam disana. Setelah menunggu beberapa saat dan rombongan sudah lengkap barulah kami lanjut menuju area boarding pass untuk chech in dan masuk ke pesawat yang akan membawa kami ke Kotabaru.

Dengan menunggangi Super Air Jet IU 634 kami bertolak dari Bandar Udara Juanda menuju Bandar Udara Syamsudin Noor. Sambil menikmati indahnya pemandangan langit pulau bertajuk Bumi Saijaan ini tak terasa kami sudah tiba di Bandar Udara Gusti Sjamsir Alam, Kotabaru.

Tiba di bandara kami disambut oleh staf dari Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Setempat dan didampingi oleh Diva Pariwisata Kotabaru. Setelah melakukan ritual kedatangan, Ikan Patin Bakar khas RM. Hj. Wangi seakan membius rasa lelah kami selama perjalanan menuju Kotabaru.

sedang menikmati kesejukan Taman Hutan Meranti yang menjadi salah satu paru-paru dunia (Dok. Patrik Cahyo Lumintu)
sedang menikmati kesejukan Taman Hutan Meranti yang menjadi salah satu paru-paru dunia (Dok. Patrik Cahyo Lumintu)

Destinasi pertama yang kami tuju adalah Taman Hutan Meranti, sebuah konservasi hutan lindung yang menawarkan keindahan alam di ketinggian 3.400 meter diatas permukaan laut, pengelola mengajak kami untuk melihat penangkaran rusa dan merpati. Di Meranti terdapat tiga jenis rusa, antara lain rusa Sambar, rusa Timur, dan rusa Tutul.

Tak terasa hari mulai kembali ke peraduan, kamipun bertolak menuju penginapan untuk bersih diri dan sekedar melepas penat sebelum melanjutkan rundown acara yang telah disusun.

Di malam hari kami disambut hangat oleh orang Nomor Satu di Kabupaten Kotabaru dan didampingi oleh Hj. Fatma Idiana di kediamannya untuk silaturrahim, serta turut hadir pula seluruh Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) Kabupaten Kotabaru, kami dibuat takjub akan kekompakan dan kehadiran seluruh Kepala SKPD dan beberapa jajarannya.

Bupati menyambut wisudawan Unitomo penerima apresiasi didampingi oleh ketua TP-PKK Kabupaten Kotabaru (Dok. Ari Junaedi)
Bupati menyambut wisudawan Unitomo penerima apresiasi didampingi oleh ketua TP-PKK Kabupaten Kotabaru (Dok. Ari Junaedi)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun