Mohon tunggu...
Agsta Aris A
Agsta Aris A Mohon Tunggu... Mahasiswa

Usaha yang kita lakukan jauh lebih bernilai, ketimbang apa yang akan kita dapatkan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Memaknai Sejarah Radio dalam Manajemen Media Massa

9 Juli 2019   01:30 Diperbarui: 9 Juli 2019   10:26 0 0 0 Mohon Tunggu...

Oleh :
Agsta Aris Afifudin
Mahasiswa Universitas Peradaban
Jurusan Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Manajemen tentu sangat berperan penting dan dibutuhkan dalam kehidupan, apalagi dalam sebuah instansi, organisasi hingga perusahaan. Karena pada dasarnya manajemen adalah sebuah proses untuk membentuk aturan dan kendali dalam tubuh struktur organisasi tersebut.

Dengan kata laim, manajemen dapat diibaratkan sebagai pondasi dan sebuah sangkar yang memberi batasan ruang gerak pada kehidupan sebelumnya, agar tidak terjadi sebuah perselisihan yang nantinya akan menghambat tujuan bersama. 

Misal, sebuah perusahaan periklanan, setiap tim kreatif memiliki imajinasi sendiri dalam menciptakan konsep iklan yang menurut mereka menarik, namun hal ini tidak akan menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi perusahaan, terlebih jika mereka bekerja sendiri tanpa ada ikatan yang mengatur cara kerja yang sesuai berdasarkan keinginan bersama.

Disinilah fungsi manajemen dimainkan, sebagai penyatu pemikiran, sebagai penyatu pemikiran dengan membentuk aturan-aturan tertentu yang wajib dipatuhi.
Manajemen memiliki fungsi sebagai elemen dasar yang akan ada dan melekat dalam proses manajemen, dan menjadi acuan dalam melaksanakan tugas sesuai tujuan. Seseorang industrialis 

Radio adalah perkembangan teknologi yang memungkinkan suara ditransmisikan secara serempak melalui gelombang radio (elektromagnetik) di udara. Radio mempunyai ciri dan sifat yang berbeda dari media televisi dan cetak, dalam hal ini :


Penyampaian pesan melalui radio siaran dilakukan dengan menggunakan bahasa lisan.
Bersifat auditori, pesan yang disampaikan selalu bersifat menarik.
Proses komunikasi yang terjadi dalam radio komunikasi satu arah dan hanya dapat didengar sekali.
Orang yang berkecimpung dalam dunia radio harus mengetahui :
Studi proses komunikasi massa dan sifat-sifat radio siaran.
Pengetahuan tentang kode etik jurnalistik.

Radio itu sebenarnya sebuah alat yang simpel, murah dan sangat mengasyikan untuk didengarkan. Kita bisa mendengarkan segala informasi hanya cukup dengan mendengarkan radio. Tapi memang yang menjadi persoalan adalah tidak semua daerah terjangkau frekuensi radio, tidak semua stasiun radio bisa diterima di seluruh wilayah di Indonesia. Karena memang pemancarnya baru beberapa saja yang kuat untuk skala nasional.

Manfaat yang bisa didapatkan dari mendengarkan radio yaitu :
Bersifat Auditif, maksudnya disini adalah konsumen akan dengan mudah untuk mendapatkan informasi karena yang harus dilakukan adalah mendengarkan.
Melatih konsentrasi. Sebagai konsumen harus jeli dalam menyerap atau menerima informasi yang ditampilkan. Harus benar-benar fokus untuk menyimak hingga bisa menyimpulkan informasi apa yang disampaikan dan jangan sampai salah.
Menambah wawasan, sudah pasti yang namanya menerima informasi akan menambah wawasan. Kita akan tidak ketinggalan terhadap berita-berita terbaru yang mungkin tidak ketinggalan terhadap berita-berita terbaru yang mungkin tidak dimunculkan di media lain.
Berkirim salam, melalui fasitilitas yang ada di radio kita bisa melakukan kirim salam kepada teman atau sahabat di tempat lain. Dengan begitu rasa persaudaraan kita menjadi lebih terjaga berkat adanya radio ini.
Promosi usaha, akan dengan sangat mudah kita mengirimkan profil dari usaha yang kita lakukan hingga akhirnya sampai terdengar oleh masyarakat dengan memberikan informasi lewat radio ini.
Ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari sebuah radio. Namun memang ada sedikit kebiasaan agar kita bisa menyukai mendengarkan radio. Baik mungkin itu dulu ya.

Akan hal itu bagaimana manajemen iklan dalam media massa (radio)?

Divisi ini memiliki fasilitas diantaranya dalam radio yaitu .

Input data order
Melakukan kegiatan pencatatan jadwal iklan dari sebuah badan atau institusional sampai dengan nilai nominal dari penanyangan iklan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x