Mohon tunggu...
Agnis Dwi Safitri
Agnis Dwi Safitri Mohon Tunggu... -

Balinesia girl📍

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

"What is Teacher Guidance and Counseling?"

18 Februari 2018   12:51 Diperbarui: 18 Februari 2018   13:04 204
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Apa pandangan pertama kalian ketika mendengar kata Teacher guidance and counaeling atau Bimbingan dan Konseling atau dengan julukan "BK"?

Pastinya langsung terngiang di pikiran BK itu salah satu guru yang menyebalkan saat murid terlambat?

Guru dan kawan-kawannya yang suka mengadakan dadakan razia; hp, make up, rokok, dan lain sebagainya.

Bimbingan dan Konseling atau dapat di singkat dengan "BK" yaitu; sebuah badan atau organisasi dibawah kepala sekolah yang berhubungan dengan psikis peserta didik.

Bagi seseorang yang pernah merasakan bangku pendidikan sekolah menengah dan lanjut hingga sekolah tingkat atas pasti akan tahu apa itu guru BK. Namun tak banyak beberapa murid menilai atau memandang BK dengan pandangan positif. Karna setiap sekolahan BK memiliki kinerja yang berbeda-beda.

Salah satu murid ada yang mengatakan guru BK kerja pada saat ada anak nakal saja, ketika orang tua si anak yang membuat masalah di panggil, ketika pendaftaran masuk kuliah dengan melalui jalur raport atau yang di sebut SNM-PTN dan SPAN-PTKIN.

Namun, ada murid yang memberi sisi positif terhadap BK sendiri; Guru BK itu hanya mendengarkan curhatan klien atau muridnya dan setelah selesai baru si guru BK memberi masukan maupun solusi. Nah, ada juga salah satu teman saya mengatakan; guru BK di sekolahan saya menjadi pelindung saya sendiri karna saya seorang siswa yang aktif dalam perlombaan dan menjadi jarang masuk di kelas. Dari saya yang jarang masuk dikelas, saya hampir tidak dinaikkan kelas. Namun guru BK saya membela san membantu saya untuk dapat di naikkan kelas sebab kata guru BK saya, saya juga sudah mengharumkan nama sekolahan ini.

Jadi, tak banyak sisi negatif yang terdapat di guru BK sendiri. Mungkin masih banyak guru BK yang anteng-anteng saja. Masuk kelas yang kosong dan memberikan motivasi kepada seluruh murid. Ketika jam masuk pembelajaran si guru BK malahan makan di kantin. Namun itu hanya beberapa perbedaan guru BK di setiap sekolah. Jangan menilai hanya dari 1 tempat saja, coba tengok dan carilah ketempat lain dan mungkin kamu akan mendapatkan perbedaannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun