Mohon tunggu...
Agatis Rahmatia
Agatis Rahmatia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Nurse21

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Optimalisasi dan Efisiensi Perkuliahan Hybrid oleh UNISA Yogyakarta

27 Januari 2022   16:40 Diperbarui: 27 Januari 2022   16:45 53 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pandemi COVID 19 di Indonesia mulai terjadi pada bulan Maret 2020. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengeluarkan surat keputusan nomor 13 A terkait penetapan masa darurat akibat virus corona. Berdasarkan penetapan tersebut, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan Surat Edaran dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 36962/MPK.A/HK/2020 tertanggal 17 Maret 2020 tentang Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).

Pembelajaran merupakan inti dari proses pendidikan. Kualitas pendidikan menggambarkan kualitas pembelajaran. Peningkatan kualitas pendidikan dapat dilakukan melalui peningkatan kualitas pembelajaran. Pembelajaran secara daring dan bekerja dari rumah bagi para tenaga pendidik merupakan perubahan yang harus dilakukan oleh dosen untuk tetap mengajar mahasiswa. Pendidikan dengan jarak jauh memiliki tujuan agar mutu pendidikan meningkatkan dan relevansi pendidikan serta meningkatkan pemerataan akses dan perluasan pendidikan. Pendidikan jarak jauh yang diselenggarakan dengan penjaminan kualitas yang baik dan sesuai dengan kebutuhan pemangku kepentingan merupakan salah satu mekanisme perluasan akses pendidikan tinggi

Seiring dengan meredanya kasus Covid-19, Universitas Aisyiyah Yogyakarta melakukan inovasi dalam melakukan perkuliahan hybrid. Pembelajaran hybrid sendiri dapat diartikan sebagai metode pembelajaran yang dilakukan dengan menggabungkan pembelajaran Online/daring dengan pembelajaran PTM, tergantung dengan situasi dan kondisi apakah memungkinkan atau tidak.

Unisa Yogyakarta selalu berusaha untuk mengoptimalisasikan programnya agar semua mahasiswa dan dosen dapat merasa nyaman dalam melakukan perkuliahan hybrid ini. Program ini dianggap sebagai program yang efisien dikarenakan tidak semua kegiatan mahasiswa dapat dilakukan via online maupun sebaliknya. Tentu saja pihak kampus menekankan kepada seluruh pelaku pendidikan agar terus menaati protocol kesehatan dan mempertimbangkan segala kemungkinan dalam menyetujui program tersebut.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran tatap muka atau offline dilakukan khusus untuk mahasiswa yang hendak melakukan mata kuliah praktikum dan berada di atas semester 3. Sebelum memasuki area kampus Universitas Aisyiyah Yogyakarta, semua mahasiswa wajib untuk dicek suhu terlebih dahulu dan wajib mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Sehingga kampus masih bisa menjamin keamanan kesehatan di kampus.

Sementara itu, untuk mahasiswa lainnya yang masih harus mendapatkan teori ataupun materi biasa maka pembelajaran dilakukan secara daring. Hal itu dilakukan melalui berbagai aplikasi yang dapat menunjang pembelajaran seperti zoom, google meet, google classroom dan aplikasi lainnya. Salah satu efisiensi yang diterapkan Unisa Yogyakarta adalah dengan adanya aplikasi khusus untuk absensi mahasiswa yang diberi nama UNISA_SWA Mahasiswa. Hal ini dianggap oleh mahasiswa sebagai salah satu efisiensi dan optimalisasi pihak kampus dalam melakukan perkuliahan hybrid.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan