Mohon tunggu...
Agam CharlesTanaya
Agam CharlesTanaya Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Saya merupakan mahasiswa Teknik Elektro Universitas Airlangga, hobi saya melakukan modifikasi pada alat elektronik. Sekarang saya masih berstatus sebagai mahasiswa tepatnya di semester 2 dan akan lanjut kke semester 3.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mendengarkan Music Menjadi Berkonsentrasi Belajar

25 Juli 2022   19:45 Diperbarui: 25 Juli 2022   19:53 146 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Mendengarkan Musik Sambil Belajar Ternyata Bikin Anda Lebih Gampang Berkonsentrasi

Setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda saat belajar. Ada yang membutuhkan suasana hening saat belajar, tapi ada pula yang mendengarkan musik sambil belajar karena merasa lebih bisa konsentrasi. Benarkah belajar sambil mendengarkan musik memang lebih efektif? Kalau iya, apa yang membuat musik bisa membawa efek penajaman fungsi berpikir bagi otak yang sedang mumet?

Aktivitas belajar sering kali dikaitkan dengan stres. Secara tidak sadar, tubuh akan merespons stres tersebut dengan memproduksi berbagai hormon stres yang membuat kita sulit berpikir jernih. Familiar bukan, dengan "efek samping" belajar ini? Apalagi jika dilakukan dengan sistem SKS, alias sistem kebut semalam. Nah, mendengarkan musik bisa membantu meredakan stres yang timbul dari belajar sehingga Anda bisa lebih fokus untuk memahami isi teks yang harus dipelajari atau dihapal tersebut. Saat mendengarkan musik, hipotalamus langsung bekerja meningkatkan mood bahagia dopamin sambil menurunkan hormon kortisol. Khasiat mendengarkan musik dipaparkan dalam sudut pandang ilmiah, sehingga opini penulis bisa dipertanggungjawabkan. Idealnya, minimal ada tiga paragraf argumen pendukung. 

Dengan demikian, mendengarkan musik memang memberikan manfaat positif saat belajar. Ambil contoh, musik mengandung lirik positif cocok untuk memotivasi belajar dan musik yang bertempo lambat membantu memusatkan pikiran agar tetap fokus. Oleh karena itu, tidak masalah bagi kita jika ingin belajar
sambil mendengarkan alunan musik.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan