Mohon tunggu...
AF Yanda
AF Yanda Mohon Tunggu... wiraswasta -

Suka sepak bola dari lahir,,, Tifosi Milan (Milanisti),,,

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Resmi, Indonesia Calon Tuan Rumah Piala Asia 2023

12 April 2016   23:15 Diperbarui: 13 April 2016   09:52 809 17 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption caption="sumber gambar: qfa.com"][/caption]“Indonesia resmi menjadi satu dari empat kandidat tuan rumah gelaran Piala Asia Tahun 2023.”

Sebuah kabar yang harusnya bisa menjadi kabar gembira untuk publik sepakbola Nasional di tengah tak menentunya nasib persepakbolaan bangsa ini pasca kembali pecahnya konflik yang melibatkan federasi (PSSI) dan juga pemerintah (Kemenpora), di mana konflik ini sendiri telah menimbulkan dampak yang cukup negatif khususnya bagi perkembangan sepakbola nasional itu sendiri maupun para pelaku sepakbola yang ada di dalamnya. 

Namun kabar yang harusnya menjadi kabar gembira ini justru menimbulkan sedikit keraguan dan pertanyaan dibenak para pecinta sepakbola Nasional, terkait kemampuan dan kesiapan Indonesia untuk menghadapi atau menggelar even sebesar Piala Asia ini di tahun 2023 nanti, sedangkan kondisi persepakbolaan Indonesia sendiri saat ini maupun kedepannya saja masih tak menentu arahnya akibat konflik yang tak kunjung usai.

Sebelumnya melalui lama resminya, berdasarkan keputusan rapat komite kompetisi di Kuala Lumpur, Malaysia. AFC secara resmi mengumumkan 4 Negara yang akan bersaing menjadi calon kuat tuan rumah Piala Asia 2023. 

Indonesia akan bersaing dengan tiga Negara lainnya yaitu Korea Selatan, Tiongkok dan juga Thailand. Dan sebagai tindak lanjut, AFC akan mengirimkan perjanjian penawaran dan daftar pertanyaan untuk para kandidat tuan rumah, dan meminta jaminan dari pemerintah, serta pendapat hukum atas penawaran tersebut.

Penyelenggaraan event kejuaraan Piala Asia sendiri sebenarnya akan terlebih dahulu berlangsung pada tahun 2019 mendatang, dimana Uni Emirat Arab didapuk untuk menjadi tuan rumah hajatan sepakbola terbesar di kawasan Asia ini. 

Dan Indonesia sendiri sudah dipastikan tak akan berpartisipasi di ajang tersebut setelah didiskualifikasi oleh AFC dan FIFA dibabak kualifikasi akibat dari dijatuhkannya suspend (sanksi) FIFA kepada Federasi sepakbola Indonesia (PSSI) pada 30 Mei 2015 lalu.

Indonesia sendiri sebelumnya pernah didapuk menjadi tuan rumah Piala Asia pada tahun 2007 silam, namun pada saat itu Indonesia tak sendiri, karena pada perhelatan akbar tersebut Indonesia menjadi tuan rumah bersama dengan tiga Negara tetangga lainnya yaitu Thailand, Malaysia dan juga Vietnam.

Kala itu pasukan Garuda yang diarsiteki pelatih kawakan Ivan Kolev tidak mampu lolos dari babak fase grup, dan hanya mampu mengumpulkan 3 poin hasil dari 1 kali menang dan 2 kali kalah, dimana satu-satunya kemenangan tersebut didapat setelah Timnas Garuda secara mengejutkan mampu mengandaskan perlawanan tim kuat Bahrain dengan skor 2-1. 

Irak akhirnya memastikan gelar juara Piala Asia 2007 setelah mampu mengandaskan perlawanan Arab Saudi dengan skor tipis 1-0 di Stadion Gelora Bung Karno.

Kembali ke pertanyaan terkait kemampuan dan kesiapan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 tersebut, di mana banyak kalangan yang justru masih meragukan dan mempertanyakan masalah tersebut, mengingat kondisi sepakbola nasional yang masih tak menentu.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan