Mohon tunggu...
afriana setiawan
afriana setiawan Mohon Tunggu... Penulis - Ans - Writer and Author

Perjalanan panjang sebagai single mom selama lebih dari dua belas tahun, terlalu berharga untuk disimpan sendiri. Semua akan saya bagi sebagai penguat bagi hati lain yang sedang rapuh dan pengingat bagi hati lain yang sedang bahagia penuh bunga

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Menjelaskan Keputusan Perceraian pada Keluarga

30 September 2021   18:45 Diperbarui: 30 September 2021   18:47 67 6 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Apa sih alasannya?

Ini adalah pertanyaan yang mudah namun sulit dijawab dalam sebuah proses perceraian. Pertanyaan ini akan timbul pertama kali dari keluarga terutama orang tua. Karena pada umumnya ketika pasangan memutuskan bercerai maka masing - masing akan kembali ke rumah orang tua. Atau paling tidak orang tua adalah orang yang pertama kali dimintai pertimbangan atau di informasikan tentang keputusan bercerai.

Seperti ketika akan menikah orang tua sebagai pihak pertama yang dimintai persetujuan. Meskipun dalam banyak perceraian seringkali orang tua tidak dilibatkan dalam proses mengambil keputusan. 

Orang tua menerima informasi perceraian sebagai suatu keputusan yang telah disepakati suami dan istri. Maka pertanyaan pertama yang timbul dari mereka adalah "Kenapa sih bercerai?". Mereka menginginkan sebuah alasan.

Pertanyaan ini memang dibutuhkan dari sisi keluarga. Karena dengan jawabannya pihak keluarga masih berharap sebuah solusi untuk kembali berdamai dan membatalkan keinginan untuk bercerai. 

Namun dalam banyak kasus alasan bercerai ini sulit sekali dijelaskan apalagi jika sudah menyangkut urusan ranjang. 

Karena di dalam penjelasan itu yang betul - betul mengerti adalah yang merasakan yaitu pasangan suami atau istri itu sendiri.

Dan lebih sulit lagi untuk menjelaskan kepada keluarga tanpa menyudutkan atau menjelekkan pihak lainnya. Karena keberadaan anak - anak tentu setelah perceraian ingin dapat mengasuh bersama dan memiliki hubungan baik. 

Alasan perceraian seringkali adalah soal perasaan. Dan perasaan sangat sulit untuk diterjemahkan dengan kata - kata.

Terlebih jika pasangan selalu terlihat baik dan sempurna di depan keluarga. Maka keputusan perceraian yang disepakati sepasang suami istri akan tidak mudah untuk diterima. Namun sekali lagi alasan sebenarnya hanyalah suami dan istri yang mengetahui,memutuskan dan merasakan.

Lantas bagaimana harusnya menyikapi pertanyaan dari keluarga?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan