Mahasiswa Universitas Diponegoro yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata melakukan pelatihan kewirausahaan didesa Pedurungan Lor (05/01/2022). KKN dilaksanakan saat pandemi Covid-19. Sehingga prosesnya dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan.Afmia yunianti salah satu mahasiswi KKN Universitas Diponegoro memberi edukasi tentang strategi pemasaran melaui platform digital. Program kerja ini dirancang karena pada masa pandemi seluruh kegiatan dibatasi
Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat yang belum mengetahui pemasaran melalui media online.
Salah satu warga mengatakan, kegiatan sosialisasi penerapan strategi pemasaran melalui platfrom digital  yang dilakukan mahasiswa KKN tersebut sangat membantu masyarakat disituasi pandemi saat ini.
Pemanfaatan media sosial saat ini tidak sebatas untuk media komunikasi. Banyak bisnis memanfaatkan media sosial sebagai ajang mempromosikan atau memasarkan produknya ke pasar yang lebih luas. Mereka berlomba menyusun strategi pemasaran media sosial yang tepat untuk membangun brand awareness dan meningkatkan penjualan.
Setelah brand awareness terbangun, akan tercipta kepercayaan pasar akan brand yang Anda tawarkan. Hal ini akan meningkatkan konversi promosi ke penjualan. Lalu strategi pemasaran seperti apa yang cocok diterapkan untuk bisnis Anda? Yuk, simak penjelasannya dibawah ini.
Apa saja Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial?
Strategi pemasaran media sosial sangat penting bagi Anda yang menjalankan digital marketing. Tanpa strategi media sosial, aktivitas digital marketing Anda tidak akan mendapatkan hasil optimal.
8 strategi pemasaran media sosial yang bisa bisnis Anda terapkan sebagai berikut:
1. Lakukan riset sederhana
sebelum serius menyusun strategi pemasaran sosial media, penting bagi Anda untuk mengenal macam-macam platform media. Apabila Anda sudah menggunakan sosial media untuk memasarkan produk, maka lakukan analisis sederhana. Misalnya analisis karakteristik demografis audiens, lokasi, jenis konten apa yang telah berfungsi, dan sebagainya. Analisis juga kelemahan dan kekuatan kompetitor di media sosial. Hal ini akan mempermudah Anda menyusun strategi media sosial yang efektif
2. Tentukan target KPI yang jelas