Mohon tunggu...
Afifah nursalsadiba
Afifah nursalsadiba Mohon Tunggu... Make Your Life Fun

"Nggak Perlu Terburu-Buru Yang Penting Sampai Tujuan" ig: @nur_salsa30

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Mengenal Mental Block agar Tidak Terjebak di Dalamnya

28 April 2021   11:05 Diperbarui: 28 April 2021   11:05 66 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Mental Block agar Tidak Terjebak di Dalamnya
Mengenal Istilah Mental Blok  Sumber Foto Prosehat.com

Frenn.. Kalian pernah mendengar istilah mental block? Pernahkah kalian tiba-tiba tidak bisa berpikir ketika diminta menyelesaikan suatu pekerjaan? Jika pernah, saat itu kemungkinan kalian sedang mengalami mental block.

"Remove that mental block which is stuck in between you and your life" (Singkirkan penghalang mental/mental block yang terjebak di antara kamu dan kehidupanmu)

Mental Block itu Apa Sih? 

Mental block yaitu kondisi dimana otak kita melakukan penolakan terhadap pikiran atau ingatan tertentu, dan kita tidak bisa mengendalikannya. Artinya, kita sulit berkonsentrasi dan tidak dapat berpikir jernih sehingga mengakibatkan kurangnya dorongan. 

Hal ini umumnya terjadi pada para atlet yang tiba-tiba tidak bisa melakukan latihan karena pikirannya "memimpin" tubuhnya untuk melakukan penolakan terhadap aktivitas tersebut, sering dialami juga oleh seseorang ketika menulis, merencanakan perjalanan, atau sedang dalam pengerjaan proyek yang tiba-tiba kesulitan mendapatkan ide apapun. Mental block hampir mirip dengan writer's block.

Namun, kalian perlu tahu bahwa kondisi mental block berbeda dengan saat kalian merasakan bosan, atau suasana hati memburuk(nggak mood) sehingga malas berkegiatan. 

Pasalnya, itu semua masih bisa kalian kendalikan, sementara mental block kondisi yang terjadi tanpa kalian tahu bagaimana harus mengatasinya pada saat sedang terjadi.

Ciri-Ciri Mental Block

  • Lebih mudah tersinggung dan sensitif
  • Seseorang yang mengalami kondisi ini akan mengalami frustasi, ini disebabkan karena kalian tidak bisa memikirkan atau melakukan hal yang biasanya begitu mudah dipikirkan dan dilakukan. Akibatnya, perasaan kalian  menjadi lebih sensitif terhadap berbagai hal di sekeliling. Hal ini juga berpotensi menyebabkan  menjadi lebih mudah tersinggung terhadap sikap dan perkataan orang lain.
  • Merasa tertekan
  • Ketika mengalami kondisi ini kita akan merasa tertekan, meski tidak ada yang sedang memberikan tekanan secara psikologis. Bahkan, tak menutup kemungkinan bahwa kita bisa  menjadi stres dan depresi karena perasaan tertekan ini.
  • Tidak berenergi
  • Mental block rupanya juga disertai dengan hilangnya energi yang biasanya kita miliki untuk beraktivitas. Bisa jadi, otak menghalangi pikiran yang biasanya memberikan sugesti positif pada tubuh untuk lebih berenergi. Itu sebabnya, tubuh kita menjadi lebih tidak berenergi dan seolah tidak termotivasi untuk melakukan apapun. Hal ini bisa menjadi sangat buruk jika terjadi pada hari-hari penting.

Bentuk-Bentuk Mental Block

  • Perbandingan (comparison)

Sifat membandingan diri sendiri dengan orang lain jelas memicu terjadinya mental block. Tertanamnya istilah "kesuksesan orang lain adalah ancaman" sama sekali tidak menumbuhkan optimisme, justru mendorong kita pada kepanikan dan stres.

  • Pola pikir tetap (fixed minset)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x