Mohon tunggu...
Afifah nursalsadiba
Afifah nursalsadiba Mohon Tunggu... Make Your Life Fun

"Nggak Perlu Terburu-Buru Yang Penting Sampai Tujuan" ig: @nur_salsa30

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Kok Bisa Yah Hujan Bikin Kita Baper, Mager, dan Laper?

26 Maret 2021   11:30 Diperbarui: 26 Maret 2021   11:36 112 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kok Bisa Yah Hujan Bikin Kita Baper, Mager, dan Laper?
sumber foto honestdocs.id

Artikel kali ini akan membahas fakta seru seputar yang sering kita alami saat hujan turun. Ngomong-ngomong, ayo ngaku siapa disini yang sering mager (malas gerak) dan laper kalau lagi hujan? atau malah jadi baper, ingat mantan? Wkwk. Well, guys ternyata itu semua ada alasannya loh!

Baper dan Overthinking Pas Hujan?

Ingat tubuh kita terdiri dari berbagai macam hormon, hormon ini akan berpengaruh terhadap sistem kerja organ tubuh kita. Nah, jika jumlah zat hormon ini tidak seimbang, maka manusia akan mengalami masalah kesehatan. Misalkan nih yah, cewek-cewek kelebihan hormon androgen ini yang dapat menyebabkan jerawat dan gangguan menstruasi.

Alasan, orang-orang sering baper alias galau pada saat hujan disebabkan karena setiap orang memiliki hormon serotonin yang berfungsi sebagai pengendali suasana hati. Hormon ini diperoleh dari aktivitas olahraga serta sinar matahari. Jika, kita kelebihan hormon serotonin maka akan menimbulkan perasaan bahagia. Sebaliknya, kekurangan kadar serotonin akan menimbulkan perasaan seseorang menjadi sedih atau berujung depresi.

Kalau musim hujan pastinya matahari nggak ada dong? Padahal matahari dibutuhkan dalam pembentukan vitamin D, yang juga penting dalam produksi serotonin. Inilah penyebab anda-anda-anda semua galau pada saat hujan, berujung posting kata-kata puitis di media sosial, apalagi ditengah hujan yang bukan menimbulkan genangan malah kenangan. Hiya-hiya.

Mager Beranjak Dari Kasur?

Ini nih, tim yang mager ngapa-ngapain serasa kasur punya magnet yang kuat untuk bikin dia terus berada diatasnya, apalagi sambil mainin handphone + scroll medsos. Atau mungkin kalian tim yang sambil nge drakor atau nontonin anime? Ayo sini kumpul!.

Tahukah kalian, rasa kantuk disebabkan oleh peningkatan kadar hormon melatonin. Nah, hormon ini dihasilkan oleh otak dan area mata, serta berfungsi untuk mengatur siklus tidur manusia. Hormon ini juga diperoleh dari sinar matahari dan sumber cahaya lainnya. Cara kerjanya gini, ketika sinar matahari jatuh ke saraf mata, produksi hormon melatonin ditubuh kita akan menurun. Ada nggak orang yang lagi jalan-jalan di siang bolong terus ngantuk? Nggak ada kan...

Ingat, semakin tinggi kadar melatonin, semakin besar pula daya magnet kasur itu menarik kita. Eh, maksudnya semakin besar pula keinginan buat rebahan di kasur. Sebaliknya, jika melatonin dalam tubuh menurun, maka kamu akan terjaga.

Laper Pas Hujan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x