Mohon tunggu...
salma afifah
salma afifah Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

do what you love, love what you do

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Penanaman Nilai Pendididkan Anti Korupsi Sejak Dini

6 Desember 2021   07:53 Diperbarui: 6 Desember 2021   07:58 51 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sudah bukan rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki masalah penyalahgunaan uang rakyat. Istilah lain dari kasus ini biasa disebut korupsi. Sangat miris bahwa pelaku korupsi memiliki latar pendidikan yang tinggi. Berdasarkan data KPK, koruptor didominasi oleh pemilik gelar magister.

Korupsi menjadi bukti bahwa penanaman dan penerapan nilai moral di Indonesia sangat minim. Seseorang yang berpendidik seharusnya malu jika melakukan hal kotor seperti korupsi. Hukum yang tidak seimbang juga membuat koruptor tidak jera, karena masa tahanan mereka bisa menjadapat diskon atau potongan masa tahanan.

Dalam pencegahan aksi korupsi di masa mendatang, maka penerapan niai pendidikan anti korupsi menjadi sebuah keharusan. Penerapan ini harus diterapkan sejak dini dengan menyesuaikan perkembangan kogniitif siswa. Nilai-nilai yang perlu diterapkan di sekolah berupa kejujuran, keadilan, keberanian, hidup sederhana, tanggung jawab, kedisiplinan, kerja keras, hemat, dan mandiri.

Dengan diterapkannya pendidikan anti korupsi, diharapkan di masa mendatang tidak ada lagi penyalahgunaan terhadap uang rakyat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan