Mohon tunggu...
Affa 88
Affa 88 Mohon Tunggu...

Ojo Dumeh, Ojo Gumunan, Ojo Kagetan.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga

Wow, Barcelona, Klub dengan Penggemar Terbesar di Facebook

8 Mei 2012   11:16 Diperbarui: 25 Juni 2015   05:33 905 0 0 Mohon Tunggu...

[caption id="" align="aligncenter" width="617" caption="http://inginsekalisehat.files.wordpress.com"][/caption] Barcelona. Siapa tidak kenal klub sepakbola asal Spanyol atau lebih tepatnya wilayah Catalan ini. Barcelona adalah salah satu klub terbesar sepanjang sejarah sepakbola dunia dengan torehan prestasi yang sangat luar biasa. Terakhir adalah menjuarai Liga Champions musim lalu dan tentu memborong gelar juara dalam Piala Dunia Antarklub di Jepang. Barcelona yang kini gagal mempertahankan gelar juara Liga Spanyol karena kalah bersaing dengan seteru abadi Real Madrid, juga gagal mempertahankan gelar liga Champions karena kalah di semifinal melawan klub asal Inggris, Chelsea.

Di Barcelona dihuni pemain-pemain papan atas dunia yang terutama mengantarkan Timnas Spanyol menjuarai Piala Dunia dan Piala Eropa pada edisi terakhir. Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, dan Carles Puyol adalah nama-nama kelas dunia yang hampir tiap tahun menghiasi nominasi pemain terbaik dunia. Kegemilangan Barcelona ini berimbas pada membludaknya dukungan dan jumlah fans di seluruh dunia.

Melalui data statistik pada jejaring sosial yang baru saja update, halaman resmi (fanpage) Barcelona di situs Facebook memiliki jumlah penyuka lebih dari 30 juta akun. Disusul kemudian pesaing Barcelona, Real Madrid dengan lebih dari 27 juta akun menyukainya. Dan berikut ini adalah daftar 13 klub sepakbola terbesar dunia yang memiliki fans di Facebook lebih dari 1 juta.

1. Barcelona : 30 juta lebih 2. Real Madrid : 27 juta lebih 3. Manchester United : 24 juta lebih 4. Arsenal : 10 juta lebih 5. Chelsea : 10 juta lebih 6. AC Milan : 10 juta lebih 7. Liverpool : 9 juta lebih 8. Bayern Munich : 3.8 juta lebih 9. Juventus : 3.6 juta lebih 10. Manchester City : 2.5 juta lebih 11. Internazionale : 1.5 juta lebih 12. Tottenham Hotspurs : 1.5 juta lebih 13. AS Roma : 1.05 juta lebih (Update : Per 8 Mei 2012 pukul 17.45 wib)

Meskipun secara eksplisit data ini tidak mencerminkan keadaan yang optimal karena munculnya Facebook yang merupakan situs jejaring sosial paling populer di dunia ini baru beberapa tahun terakhir dimana memang klub-klub di papan atas itu sedang dalam penampilan terbaiknya. Akan berbeda mungkin jika Facebook muncul pada era 90-an yang pada saat itu, AC Milan dan Juventus merajai Eropa. Itupun tidak semua fans yang menyukai halaman resmi itu adalah suporter tim karena banyak sekali penggemar pemain sepakbola secara tidak langsung juga menyukai klubnya. Untuk menemukan link halaman itu dan kemudian Anda bisa mengklik “Like” atau gambar jempol silakan cari pada kolom pencarian Facebook dengan mengetik nama klub-klub di atas.

Data ini menggambarkan pengetahuan bahwa tim terbaik belum tentu memiliki pendukung besar. Forza Inter! Hehehe..

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x