Mohon tunggu...
Afan Bachtiar
Afan Bachtiar Mohon Tunggu... Penulis - Content Writer

Penulis biasa yang menyukai semua konten tulisan. Hobi membaca cerita bergambar yang memiliki jalan cerita yang unik dan menarik. Ingin berkarya melalui tulisan. Sudah terbiasa menulis sejak kecil, tapi besarnya nyasar ke jurusan lain. Ujung-ujungnya tetap melakoni dunia tulis menulis.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Mie Ayam: Kuliner Mie Khas Indonesia

24 Oktober 2021   18:17 Diperbarui: 29 Oktober 2021   10:11 134 4 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foodie. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Siapa yang tidak kenal dengan mie ayam? Mie ayam adalah salah satu kuliner khas Indonesia yang satu mangkoknya berisi mie, sayur sawi, kuah yang manis atau gurih, bahkan ada yang disajikan  tanpa kuah. Kemudian ditambah dengan topping ayam yang menjadikannya lengkap disebut dengan mie ayam. 

Makanan yang satu ini sangat disukai oleh masyarakat Indonesia dan jarang ditemukan orang- orang yang tidak menyukainya. Bahkan, orang yang tidak menyukai sayur terkadang memberikan toleransi untuk memakan sayur yang ada di dalam mie ayam. Betapa hebatnya mie ayam sebagai sebuah makanan bukan? 

Namun, tahukah anda tentang asal usul mula mie ayam? Ingin tahu bagaimana mie ayam terlahir menjadi salah satu makanan yang sangat terkenal di Indonesia. Ini dia sejarahnya.

Awal Munculnya Mie Ayam Khas Indonesia

Jika orang bertanya-tanya kapan awal kemunculan mie ayam di indonesia? Sudah pasti orang-orang akan kebingungan menjawabnya. Tentu hal ini tidak bisa diketahui secara pasti  kapan tepatnya mie ayam hadir di Indonesia. Menurut sejarah, mie ayam adalah salah satu makanan yang merupakan turunan dari makanan Tiongkok yang bernama Bakmi

Pada dasarnya saat orang-orang dari Negeri Tiongkok mulai berdagang di Indonesia, bakmi menjadi salah satu makanan yang dikenalkan dengan bahan utama berupa mie yang dipisahkan dengan kuahnya. Kemudian sebagai sentuhan terakhir dalam makanan khas Tiongkok yang satu ini adalah dengan menggunakan daging babi sebagai pelengkap bakmi. 

Saat mengetahui menggunakan daging babi sebagai pelengkapnya, orang Indonesia memodifikasi cara penyajian bakmi. Daging babi yang seharusnya digunakan diganti menjadi semur ayam yang di potong dadu atau kecil-kecil. Pada dasarnya hal inilah yang menyebabkan mie ayam menjadi populer di Indonesia saat Tiongkok mengenalkan makanan Bakmi. Tentu hal inilah yang menyebabkan banyak orang yang mulai menyukai mie ayam. 

Hal ini dibuktikan adanya beberapa mie ayam yang khas dari Indonesia yang cukup terkenal dan menggugah selera. Masih ingin mengetahuinya lebih lanjut. Siap-siap akan tergiur dengan kelezatan mie ayam khas berbagai daerah yang akan dijelaskan berikut ini. Pastinya mie ayam khas daerah anda mungkin saja berbeda, namun inilah beberapa rekomendasi mie ayam yang bisa dicoba. Mana yang jadi favorit anda?

Mie Ayam Asli Indonesia Yang Terkenal Lezat

Terdapat 5 mie ayam yang cukup terkenal di masyarakat Indonesia. Sebenarnya olahan mie di Indonesia cukup banyak namun kali ini akan dibahas tentang beberapa mie ayam yang sudah dikenal oleh banyak orang. Apa saja rekomendasi mie ayam yang diberikan untuk anda? Adakah mie ayam khas daerah kamu yang akan disebutkan. Simak baik-baik, jangan sampai ngiler ya!

  • Mie Ayam Solo

Mie Ayam yang satu ini adalah mie ayam yang berasal dari pulau Jawa, lebih tepatnya dari Solo. Tentu saja mie ayam yang satu ini menjadi standar dalam mie ayam yang lainnya karena hampir di seluruh Indonesia sudah dijajakan oleh para pedagang. Pada umumnya mie ayam solo adalah mie ayam yang memiliki kuah coklat dikarenakan kaldu ayam. Lalu ayamnya cenderung dipotong kotak-kotak dan memiliki cita rasa yang manis sedikit gurih. 

  • HALAMAN :
    1. 1
    2. 2
    Mohon tunggu...

    Lihat Konten Foodie Selengkapnya
    Lihat Foodie Selengkapnya
    Beri Komentar
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

    Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
    VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan