Mohon tunggu...
Afaindi Irfansyah
Afaindi Irfansyah Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

"Cermin itu seolah berbicara,ketika kita reflek di depan cermin ,Seolah memberi pesan,Termasuk hal yang bisa dan tidak bisa kamu lakukan.”

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Konflik Turki Yunani Kembali Memanas, Langkah Tegas Erdogan Makin Nyata

6 September 2022   07:15 Diperbarui: 6 September 2022   07:23 369 4 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tangkap layar/SS Doc; detiknews, Menlu Yunani Nikos Dendias (kiri) mengadakan konferensi pers bersama dengan MenLu Turki Mevrut Cavushoglu (kanan) di Ankara (AP Photo/Burhan Ozbilici)

dikutip, Anadolu Agency,Diyar Guldogan 04.09.2022 dan youtube @POROS MILITER,05/09/2022.Jika Yunani terus memiliterisasi Kepulauan Aegean , Turki siap berperang !! Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan telah meminta Yunani untuk menghentikan berkumpulnya militernya di Kepulauan Aegean .

Pulau demiliterisasi . Athena mengancam akan membayar " harga besar " jika terus melakukan militerisasi pulau yang disengketakan . " Pendudukan pulau - pulau Anda tidak akan mengikat kami.

Jika waktu itu tiba , kami akan mengambil langkah langkah tegas apa yang diperlukan," kata Erdogan dalam pidatonya , Sabtu , 3 September .

Kepulauan, yang pernah diperintah oleh Kekaisaran Ottoman , diserahkan ke Yunani. Di bawah ketentuan perjanjian 1923 dan 1947 , asalkan mereka tidak bersenjata .

Ankara telah berulang kali menuduh Athena membangun instalasi militer di pulau itu . Turki mengklaim bahwa kedaulatan Yunani atas pulau - pulau Aegean

tergantung pada negara demiliterisasinya . Erdogan juga mengingatkan Athena tentang sejarah konflik antara kedua negara , Perang Yunani - Turki tahun 1919 hingga 1922 , yang menghasilkan kemenangan besar bagi Ankara .

Dia memaksa Athena untuk menyerahkan wilayah yang telah diterimanya dari Ottoman Empire, dan mengembalikan mereka ke Republik Turki yang baru sebagai imbalannya.

"Lihatlah sejarah, lihat kembali sejarah , melangkah terlalu jauh itu mahal . Presiden Erdogan mengatakan dia hanya memiliki satu hukuman terhadap Yunani , mengacu pada Pertempuran Izmir 1922 . 

Jangan lupakan Izmir, tolong Pertempuran menghasilkan kebakaran besar yang mengusir orang - orang Yunani dari Asia Kecil dan menghancurkan sebagian besar kota . Menanggapi ancaman dari Ankara , Yunani mengatakan akan mengajukan keluhan terhadap deklarasi permusuhan Turki ke blok NATO yang dipimpin AS .

Kementerian luar negeri Yunani mengatakan sedang "memperbarui sekutu "dan mitra pada isi pernyataan provokatif (Turki) untuk mengungkapkan siapa yang mengatur dinamit untuk mempertahankan aliansi di saat yang berbahaya ini .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan