Mohon tunggu...
Adyanto Trinugorho
Adyanto Trinugorho Mohon Tunggu... -

Just another average writer. Not a pro, but i like write and read.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Pertandingan E-Sport yang Mendunia

11 Oktober 2014   02:33 Diperbarui: 17 Juni 2015   21:31 2667 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pertandingan E-Sport yang Mendunia
14129563491025746703

E-Sport, suatu istilah yang sebenarnya sudah cukup akrab didengar oleh masyarakat luar negeri. Namun, istilah ini belum cukup dikenal oleh masyarakat tanah air ini. Maka dari itu, sebelum saya memulai pembahasan mengenai E-Sport, saya akan menjelaskan mengenai, apa itu E-Sport.

Apa itu E-Sport

[caption id="attachment_365498" align="alignright" width="300" caption="Dota 2 The International "][/caption]

Sebenarnya, E-Sport belum memiliki pengertian atau definisi khusus, namun E-Sport merupakan suatu istilah atau sebutan untuk suatu kegiatan kompetisi Video Gameyang teratur dan terorganisir, khususnya bagi para gamer profesional.  Semua game yang dapat dimainkan dengan pemain dua orang atau lebih yang kemudian saling bertanding satu sama lain, sudah dapat disebut E-Sport. Walaupun demikian, sebutan E-Sport ini, lebih dikenal untuk game bergenreMOBA (Multiplayer Online Battle Arena),RTS(real-time-strategy),fighting, danfirst person shooting.

Untuk pembahasan ini, saya lebih fokus ke genre MOBA, karena saya lebih mengenal dan mendalami genre MOBA tersebut. Ada berbagai macam game MOBA seperti League of Legends, DOTA 2, Heroes of the Newerth, Smite,dll. Dari sekian banyak MOBA, ada dua game MOBA yang berhasil meraup jutaan penonton dan fans dari seluruh penjuru dunia, yaituLeague of Legendsdan DOTA 2.

[caption id="attachment_365500" align="alignright" width="300" caption="League of Legends World Championship 2013"]

14129565571373285868
14129565571373285868
[/caption]

Kontroversi E-Sport

Dengan semakin berkembangnya teknologi komputer dan video game, pertandingan E-Sport juga semakin berkembang di kalangan masyarakat. Rupanya perkembangan  E-Sport ini tidak hanya menarik perhatian para penggemar game, namun juga mengundang kritk dan pendapat kontra. Menurut presiden ESPN, John Skipper, E-Sport bukanlah sport. Menurut beliau, E-Sport merupakan sebuah kompetisi atau pertandingan seperti halnya pertandingan catur dan poker. Beberapa orang seperti Luke Burbank, komentator CBS mengatakan bahwa kegiatan menonton E-Sport mmbosankan dan hanyalah sebuah kegiatan yang membuang waktu. Namun benarkah demikian?

Memang tidak dapat dipungkiri bahwa E-Sport termasuk sebuah sport atau bukan masih dalam perdebatan. Namun, dilihat dari definisi dari sport itu sendiri, "sport adalah sebuah kegiatan yang melibatkan kegiatan fisik, keterampilan dimana individu atau kelompok (team) bertanding satu sama lain untuk hiburan."

Apakah E-Sport melibatkan kegiatan fisik? Ya, walaupun tidak banyak. Apakah E-Sport membutuhkan keterampilan? Jelas ya. Dibutuhkan keterampilan dan pengertian yang dalam untuk menguasai suatu game yang tergolong E-Sport. Terakhir, apakah terdapat individu atau kelompok yang bertanding? Tentu saja!

Berdasarkan pengertian di atas bisa dikatakan bahwa E-Sport merupakan salah satu dari berbagai kegiatan yang dikategorikan sport.

Pertandingan E-Sport tidak kalah dengan pertandingan olahraga seperti sepak bola

Namun, bagaimanapun juga tidak dapat disangkal bahwa para pemain E-Sport sangat terorganisasi, disponsor, diberi kompensasi untuk menang, dan memiliki ribuan atau bahkan jutaan penggemar dari seluruh dunia.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN