Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara, membuka hari kedua acara Konvensi Nasional Humas 2018 dengan tanggapan bahwa beradaptasi dengan teknologi tidak cukup untuk menghadapi era 4.0, tetapi juga perlu didukung dengan perubahan dalam budaya.
"Teknologi dapat dibeli, tapi bagaimana dengan sikap, dengan budaya kerja manusia? Ini harus diantisipasi, mengenai budaya kerja," ungkap Ngakan.
Oleh karena itu, seluruh komponen bangsa, termasuk humas, harus mendukung program nasional tersebut untuk meningkatkan daya saing Indonesia di tingkat internasional. Bentuk dukungan itu dapat melalui penyampaian pesan positif untuk Indonesia.
Terkait fungsi humas sendiri, sudah melihat perubahan dari revolusi-revolusi industri sebelumnya. Di revolusi pertama, humas menggunakan media 'konvensional' atau media 'offline'. Di revolusi kedua, humas beralih ke media online.Â
Revolusi 3.0 melihat peningkatan dalam penggunaan media sosial. Dengan adanya media sosial, masyarakat turut menjadi pemberita, dan bebas beropini. Perubahan di era 3.0 ini yang membuat peran humas semakin penting di era 4.0 ini, karena jika opini tersebut tidak berdasarkan data dan fakta, maka humas tidak dapat membangun bangsa yang kuat.Â
"Humas itu garda terdepan untuk menjaga bangsa. Fungsi ini fungsi mulia dan harus dibekali dengan skill-skill, apalagi dengan teknologi baru," lanjut Ngakan.
Humas juga dapat mengambil inspirasi dari praktek humas di negara lain. Di Cina sendiri, Humas 4.0 digaungkan dengan penggunaan robot. Robot-robot ini dapat menulis berita dengan sangat cepat.Â
Namun, apakah fungsi humas dapat diambil oleh robot sepenuhnya? Jawabannya adalah tidak, karena sebagian besar fungsi humas membutuhkan unsur-unsur yang tidak dapat dilakukan atau tidak dimiliki oleh robot itu sendiri. Contohnya, ketika seorang humas menyampaikan suatu pesan, maka membutuhkan etika, atau code of conduct yang berlaku. Humas juga mebutuhkan intuisi, feeling, dan tingkat tanggung jawab yang tinggi. Penyampaian pesan juga memerlukan empathy, terutama untuk pesan-pesan sensitif, serta pertimbangan strategis atau perencanaan kedepannya.
Akan tetapi, teknologi juga akan membantu humas dalam melaksanakan fungsinya, terutama hal-hal yang terkait logic (AI), connectivity (IoT), dan phsycial content (VR, augmented reality, 3D printing). Humas harus dapat manage teknologi, karena yang menciptakan teknologi tersebut juga manusia guna mempermudah pekerjaannya, bukan untuk menggantikan mereka.Â