Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Lainnya - Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan industri hulu migas Indonesia_______________________________________ One of Best Perwira Ksatriya (Agent of Change) Subholding Gas 2023____________________________________________ Praktisi Mengajar Kemendikbudristek 2022____________________________________________ Juara 3 Lomba Karya Jurnalistik Kategori Umum Tingkat Nasional SKK Migas 2021___________________________________________ Pembicara pengembangan diri, karier, rantai suplai hulu migas, TKDN, di berbagai forum dan kampus_________________________________________ *semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi. Dilarang memuat ulang artikel untuk tujuan komersial tanpa persetujuan penulis.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

4 Pertanyaan Ini Harus Kita Ajukan Sebelum Menyetujui Rangkap Tugas

12 Agustus 2021   17:01 Diperbarui: 16 Agustus 2021   00:37 1240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi bekarja. | Sumber: CreativaImages via Kompas.com

Saya mungkin adalah salah satu orang yang sedari masa kuliah sering rangkap tugas baik di dunia akademik maupun ekstrakurikuler.

Mungkin saya melakukannya rangkap tugas tugas tersebut karena saya suka aktif berkegiatan, memberikan kontribusi optimal bagi dunia akademik dan juga organisasi yang saya ikuti.

Alhamdulillah menjadi aktivis kampus tidak selalu sama dengan kehidupan akademik yang mbalelo dan pas-pasan. 

Bahkan bersama rekan-rekan aktivis saya lainnya kami dapat menjadi lulusan terbaik di angkatan kami.

Ilustrasi. Sumber: mispacha.com
Ilustrasi. Sumber: mispacha.com

Pun semasa dunia kerja saya juga kerap diikutsertakan bahkan ditunjuk untuk menjalani peran ganda dalam kepanitiaan acara di kantor, ataupun forum-forum kerjasama antar-perusahaan dan aktivitas kegiatan lainnya termasuk organisasi di luar kantor.

Amanah ini sampai ke saya, mungkin karena rekan-rekan kerja banyak juga yang mengetahui aktivitas saya semasa kuliah dari media sosial dan sumber informasi lainnya.

Namun, ada masanya saya juga kerap merasa kewalahan dan merasa pekerjaan tambahan ini terlalu dipaksakan hingga saya merasa seperti tidak bertanggung jawab ataupun seperti diekploitasi dan hanya dimanfaatkan oleh pihak lainnya.

Ilustrasi. Sumber: kompasiana.com
Ilustrasi. Sumber: kompasiana.com

Seiring waktu saya belajar setidaknya ada 4 pertanyaan pendahuluan hal yang harus kita tanyakan kepada diri kita sebelum menyatakan persetujuan untuk merangkap tugas di luar pekerjaan utama kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun