Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Menggelitik cakrawala berpikir, menyentuh nurani yang berdesir

Praktisi rantai suplai dan pengadaan barang/jasa di industri hulu minyak dan gas Indonesia. Penulis buku Horizon (Ellunar Publisher, 2020) dan urun menulis buku antologi puisi Elipsis (Ellunar Publisher, 2020) serta Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu (Alinea Publishing, 2020). Pendiri dan penggiat literasi Pojok Baca Muaradua (POBAMA) ***semua tulisan adalah pendapat pribadi terlepas dari pendapat perusahaan atau organisasi

Selanjutnya

Tutup

Travel Artikel Utama

Air Terjun Niagara Ranau, Tempat Wisata Tersembunyi yang Menyejukkan Hati

3 Juni 2021   13:07 Diperbarui: 5 Juni 2021   13:01 992 31 5 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Air Terjun Niagara Ranau, Tempat Wisata Tersembunyi yang Menyejukkan Hati
Air Terjun Niagara Ranau. Sumber: dokumentasi pribadi

Dari hari ke hari kawasan wisata Danau Ranau yang berpadu dengan indahnya Gunung Seminung serta segarnya Air Terjun Subik Tuha dan Pemandian Air Panas di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan (OKU Selatan) Sumatra Selatan semakin cantik dan semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan.

Berbagai pembenahan dan pembangunan fasilitas penginapan, kebersihan, kuliner, berbagai wahana permainan air semakin memanjakan para pelancong tidak hanya yang datang dari OKU Selatan bahkan dari luar OKU Selatan serta mancanegara.

Namun, tidak hanya itu ternyata kawasan wisata Danau Ranau menyimpan sebuah objek wisata yang masih jarang dikunjungi para pelancong karena tempatnya yang cukup tersembunyi dan tidak berada di lokasi pinggir jalan utama.

Adalah Air Terjun Niagara Ranau warga setempat menyebutnya, mungkin karena bentuknya seperti miniatur Air Terjun Niagara di perbatasan Amerika Serikat dan Kanada yang bentuknya cukup panjang dan alirannya sangat deras.

Air Terjun Niagara Ranau yang Masih Jarang Dikunjungi

Air Terjun Niagara Ranau. Sumber: dokumentasi pribadi
Air Terjun Niagara Ranau. Sumber: dokumentasi pribadi
Lokasi Air Terjun Niagara Ranau ini memang cukup jauh dari objek wisata utama di kawasan Danau Ranau. Diperlukan sekitar 15 menit berkendara dari Banding Agung menuju tempat air terjun ini. Lokasinya di daerah Rantau Nipis sebelum basecamp Ranau Rafting.

Lokasinya sebenarnya tidak jauh dari jalan raya, namun cukup tersembunyi di belakang sebuah gedung di pinggir jalan dan kita haru menyeberangi jembatan kecil untuk sampai ke lokasi air terjun ini.

Air terjun ini memang belum memiliki fasilitas yang lengkap semisal toilet ataupun dikelola secara profesional oleh pihak yang berkepentingan, sehingga masih terkesan apa adanya dan natural. 

Di satu sisi ada baiknya juga sehingga masih cukup bersih dan tidak dipenuhi orang-orang para pelancong yang menyesaki kawasan wisata ini.

Di sisi lain, para pengunjung yang datang cukup kesulitan menemukan sekadar toilet ataupun minuman serta cemilan untuk melepas dahaga dan mengisi perut sambil menikmati keindahan air terjun ini.

Air Terjun Instagrammable yang Menyejukkan Hati

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN