Mohon tunggu...
Adrian Chandra Faradhipta
Adrian Chandra Faradhipta Mohon Tunggu... Menggelitik cakrawala berpikir

Seorang kuli di industri minyak dan gas Indonesia dengan ketertarikan pada dunia traveling, politik, sosial budaya, kepemudaan, sastra dan organisasi. Penulis buku Horizon terbitan Ellunar Publisher (Agustus 2020), urun menulis buku antologi puisi Elipsis terbitan Ellunar Publisher (September 2020) dan Di Balik Ruang Tanpa Garis Temu, Fun Bahasa terbitan Alinea Publishing (September 2020).

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Berkunjung ke Eco Pesantren Daarut Tauhid Aa Gym yang Asri

4 September 2020   07:20 Diperbarui: 4 September 2020   07:20 176 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berkunjung ke Eco Pesantren Daarut Tauhid Aa Gym yang Asri
Di kolam budidaya Ikan Lele Eco Pesantren Daarut Tauhid. Sumber: dokumentasi pribadi

Entah mengapa saya selalu rindu untuk  berkunjung ke kawasan Eco Pesantren Daarut Tauhid yang berkonsep ramah lingkungan milik Aa Gym. Terlebih semasa pandemi ini yang mengharuskan kami untuk sering berada di rumah menghindari keramaian dan tempat umum.

Berlokasi tidak jauh dari kediaman pribadi kami di Cigugur Girang, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, kawasan pesantren sekaligus bisnis Aa Gym ini juga menawarkan nuansa asri serta sejuk khas perbukitan kawasan sekitar Lembang. Eco Pesantren ini sendiri adalah kawasan wakaf terpadu yang merupakan realisasi dari bantuan umat Islam yang berwakaf untuk kemajuan dakwah Islam.

Berlatih berkuda di Eco Pesantren Daarut Tauhid. Sumber: dokumentasi pribadi
Berlatih berkuda di Eco Pesantren Daarut Tauhid. Sumber: dokumentasi pribadi
Di dalam Eco Pesantren ini ada banyak fasilitas yang disediakan. Selain pesantren pada akhir pekan akan ramai pengunjung untuk belajar berkuda dan memanah sesuai tuntunan Rasulullah saw., karena ada tempat khusus arena berkuda dan memanah yang dikelola oleh para pengurus dan santri pesantren. Dulu sebelum pandemi saya pernah belajar berkuda dan memanah di tempat ini. Sangat mengasyikan dan menantang untuk dicoba sekaligus juga mengikuti Sunnah Rasulullah saw.

Selain itu juga, bagi para orangtua yang ingin menyekolahkan anaknya dengan konsep pesantren modern Eco Pesantren Daarut Tauhid ini bisa menjadi pilihan yang baik. Tersedia fasilitas asrama, gedung yang modern, pengajar yang handal serta kompeten dan fasilitas penunjang lainnya yang cukup lengkap.

Di sini juga dikelola kolam budidaya ikan lele dan juga pertanian dengan metode hidroponik. Jika berkunjung kesini kita dapat belajar cara mengelola budidaya ikan lele serta bercocok tanam dengan metode hidroponik bahkan bisa juga berinvestasi dan bekerjasama dengan Eco Pesantren Daarut Tauhid.

Bagi yang ingin merasakan langsung nuansa islami sekaligus menghabiskan akhir pekan bersama keluarga di kawasan ini juga tersedia penginapan khusus yang dapat kita pesan di Reddoorz Syariah dengan harga yang terjangkau. Namun, disarankan untuk membawa kendaraan pribadi karena cukup sulit mencari kendaraan umum untuk mencapai kawasan pesantren ini.

Setiap akhir pekan sering diselenggarakan pengajian dan kajian islami dengan mendatangkan narasumber dari berbagai daerah bahkan luar negeri. Ada juga bazar jualan makanan ringan serta pernak-pernik islami.

Namun perlu dicatat selama pandemi ini otomatis semua kegiatan yang mengumpulkan banyak orang bahkan pengajaran di pesantren tidak diselenggarakan secara tatap muka langsung guna mengurangi risiko penularan. Untuk salat lima waktu dan Salat Jumat diselenggarakan dengan protokol kesehatan yang ketat di mana semua jamaah diwajibkan memakai masker, membawa sajadah sendiri, menjaga jarak ketika salat, bahkan disediakan hand sanitizer dan tempat cuci tangan di berbagai sudut masjid.

Salat dengan protokol kesehatan di Eco Pesantren Daarut Tauhid. Sumber: dokumentasi pribadi
Salat dengan protokol kesehatan di Eco Pesantren Daarut Tauhid. Sumber: dokumentasi pribadi
Mesjid Rahmatan Lil'alamin Eco Pesantren Daarut Tauhid ini langganan menjadi pilihan saya bersama keluarga untuk Salat Jumat selama pandemi ini  karena protokol kesehatan yang mereka terapkan serta ventilasi serta sirkulasi udara yang lega dan semi terbuka pada mesjidnya. Selain itu juga, penyelenggara Salat Jumat membatasi waktu khutbah agar tidak terlalu lama dan berpotensi meningkatkan risiko penyebaran virus Covid-19.

Saya benar-benar mengapresiasi Aa' Gym beserta pengurus Eco Pesantren ini atas kepatuhan mereka terhadap protokol kesehatan ini. Bahkan Aa Gym sering saya temui setiap Jumat menyampaikan secara pribadi tentang himbauan kepada para penghuni Eco Pesantren dan warga sekitar untuk terus menaaati protokol kesehatan serta berhati-hati selama pandemi ini.

Di salah satu sudut Eco Pesantren Daarut Tauhid. Sumber: dokumentasi pribadi
Di salah satu sudut Eco Pesantren Daarut Tauhid. Sumber: dokumentasi pribadi
Setelah melakukan Salat Jumat saya bersama anak dan istri biasanya berjalan mengelilingi kawasan Eco Pesantren yang asri ini sekadar untuk melepas penat dan berlari-larian bersama anak. Pada masa pandemi ini kawasan ini otomatis menjadi sepi, namun hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri bagi kami warga sekitar yang haus akan rekreasi singkat namun menghindari kerumunan di tempat wisata umum.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN