Mohon tunggu...
Adolf Isaac Deda
Adolf Isaac Deda Mohon Tunggu... Menulis untuk berbagi

sarjana teknik sipil, bekerja di perusahaan finance.

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Mengenal Malaikat Penyelamat Bank Bernama LPS

28 Juni 2019   00:03 Diperbarui: 28 Juni 2019   09:42 474 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Malaikat Penyelamat Bank Bernama LPS
Sumber:lps.go.id

Bila ada musibah kebakaran, petugas dinas pemadam kebakaran akan diterjunkan ke lokasi kejadian. Apa yang diselamatkan? Memadamkan api dan menyelamatkan manusia, harta dan bangunan yang terkena dampak kebakaran. 

Bila ada Bank yang "kebakaran" dan akhirnya ditutup oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), malaikat penyelamat yang dikirim adalah LPS. Meski bukan malaikat dalam arti yang sebenarnya, namun sayap-sayap nya mampu meneduhkan'gemuruh dan hiruk pikuk' nasabah di bank tersebut.  

Apa sih itu LPS ? Meski lebih dari lima tahun bekerja di perusahaan finance dan tempat saya bekerja adalah anak perusahaan dari bank yang besar, saya hanya tahu nama dan kepanjangannya saja. Hehe..jujur kacang ijo lho:).

 Saya tertarik untuk mengenal lebih dalam setelah membaca Koran Radar Bali terbitan 22 Juni 2019, beberapa hari yang lalu. Surat kabar harian di Pulau Dewata yang masih satu grup dengan Jawa Pos itu mengangkat berita utama soal BPR Legian yang ditutup oleh OJK per 21 Juni 2019. 

Sebagai lembaga yang dikasih otoritas sama negara untuk mengatur dan mengawasi lembaga jasa keuangan di tanah air, OJK mencabut ijin usaha BPR 'sakit'tersebut setelah dua bulan masa recovery yang diberikan tidak kunjung membaik. Kekacauan manajemen terjadi karena tata kelola yang tidak baik. 

Adanya intervensi negatif dari pihak Pemegang Saham Pengendali (PSP) kepada direksi dalam urusan operasional bank. Diantaranya untuk kepentingan pribadi seperti pembelian mobil mewah, apartemen dan lain sebagainya. Bank yang berlokasi di Jalan Gajah Mada Denpasar, tepat di samping Pasar Badung itu akhirnya  'tutup usia'. 

sumber:radarbali
sumber:radarbali
Peran LPS Pada Bank Yang Dibekukan

LPS adalah Lembaga Penjamin Simpanan,sebuah lembaga independen yang berfungsi menjamin simpanan nasabah perbankan di  Indonesia. Jadi bila saya dan Anda adalah nasabah di sebuah bank, minimal kita tau bila ada apa-apa dengan bank tempat kita menabung, misalkan suatu saat dibekukan, paling tidak kita di back up . 

Kok bisa? karena hampir seluruh bank ditanah air, baik bank konvensional maupun bank syariah,meliputi bank umum, bank pemerintah, bank swasta nasional, bank asing dan bank campuran, bank pembangunan daerah termasuk bank perkreditan rakyat (BPR) dijamin oleh LPS. 

Latar belakang pendirian LPS yang diundangkan pada 22 September 2004  dan mulai  efektif setelah setahun kemudian pada 22 September 2005 adalah dipengaruhi kejadian krisis moneter yang pernah terjadi di tanah air  pada 1998 silam. Keputusan pemerintah melikuidasi 16 Bank kala itu,  memicu sentimen negatif dan ketidakpercayaan masyarakat terhadap industri perbankan. 

Kita ngga bisa membayangkan, andai masyarakat tidak percaya lagi pada industri perbankan, lalu ramai-ramai menarik uangnya dari bank, tentulah akan menimbulkan ketidakstabilan  pada industri perbankan itu sendiri. Untuk itulah dipandang perlu oleh pemerintah untuk mendirikan suatu lembaga independen, yang menjadi cikal bakal berdirinya LPS hingga saat ini

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN