Mohon tunggu...
Dinar Adnindya Amalia
Dinar Adnindya Amalia Mohon Tunggu... Mahasiswa

Assalamu'alaikum~ Mari berteman ^^

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Tips Menghadapi UAS untuk Mahasiswa

26 November 2019   18:28 Diperbarui: 2 Agustus 2020   11:13 80 4 1 Mohon Tunggu...

1. Kisi-Kisi Materi yang Akan di Ujiankan
Hal yang satu ini harus kamu pegang ssebagai acuan belajar kamu. Biasanya, dosen tiap mata kuliah akan memebrikan kisi-kisi kepada mahasiswa satu minggu atau satu bulan sebelum UAS mendatang.

2. Ulangi Materi yang Kurang atau Belum Kamu Dipahami
Setelah mendapat kisi-kisi, pastinya kamu bisa melihat materi-materi apa saja yang sudah atau belum atau kurang yang kamu pahami. Sebaiknya, mulailah belajar dari yang tidak kamu pahami terlebih dahulu agar kamu bisa lebih gampang untuk belajar ke depannya.

3. Jangan Gunakan SKS atau Sistem Kebut Semalam
Banyak mahasiswa berpendapat, bahwa sistem kebut semalam atau SKS adalah sistem yang sangat efektif untuk belajar satu malam sebelum hari ujian. Ya, memang sistem ini efektif untuk dua hari saja. Namun setelahnya, kamu akan lupa dengan materi yang sudah kamu pelajari.

4. Bertanya Kepada Dosen
Bertanya kepada dosen bukan hal yang salah kok! Daripada nanti kamu harus kebingungan belajarnya bagaimana, lebih baik kamu bertanya kepada dosen mengenai materi yang kurang ataupun belum kamu pahami.

5.  Datang ke Perpustakaan Kampus untuk Menambah Referensi Belajar
Manfaatkan waktu luang kamu untuk belajar di perpustakaan. Tanpa harus membeli buku dengan harga mahal, kamu bisa meminjam buku yang ada di perpustakaan kampus atau hanya membaca-baca disana. Ya, hitung-hitung menghemat pengeluaran.

6. Belajar Bersama Teman Lebih Menyenangkan
Kalau kamu bosan dengan belajar sendirian, coba deh untuk mengajak teman-teman kamu untuk belajar bersama. Dengan belajar bersama, kamu akan memiliki beberapa orang yang bisa kamu ajak tanya jawab dengan materi yang kamu pelajari saat itu.

7. Siapkan Mental!
Mental juga unsur penting yang akan menjadi penentu nilai semester kamu. Karena jika mental tidak siap maka, kamu akan kaget dengan sistem ujian di kampus dengan karakter dosen berbeda setiap mata kuliahnya.

8. Minta Restu dari  Orang Tua
Mulailah untuk menjaga hubungan dengan keluargamu, khususnya orang tuamu. Kamu bisa minta restu orang tua melalui berbicara langsung atau menelepon untuk mahasiswa yang berkuliah di luar kota. Bagaimanapun juga, doa orang tua adalah restu terbaik dalam setiap kesehariaan anaknya.

9. Jangan Lupa Berdoa!
Dengan mempebanyak doa, kamu akan mendapatkan ketenangan lahir dan batin untuk menghadap setiap ujian agar mendapatkan nilai yang semaksimal mungkin.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x