Mohon tunggu...
Muhammad Adly
Muhammad Adly Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Komunikasi dan Globalisasi Budaya

27 November 2018   11:19 Diperbarui: 27 November 2018   11:23 215
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Globalisasi model televisi komersial Barat yang diprivatisasi dan didorong oleh iklan telah membawa budaya konsumen ke ruang-ruang hidup di seluruh dunia. Sebagai media visual, televisi memiliki jangkauan yang jauh lebih luas daripada media cetak, karena bahkan pada awal abad kedua puluh satu, jutaan orang masih tidak dapat membaca atau menulis.

Televisi Anak-Anak - mempengaruhi dari muda

Sebelum liberalisasi pasar media, distribusi internasional dari program anak-anak dibatasi oleh jumlah outlet TV yang tersedia dan adanya kuota pada materi asing yang beroperasi di banyak negara. Dengan menjamurnya saluran televisi secara global, saluran khusus anak-anak telah menjadi bagian integral dari pasar televisi internasional. 

Menurut Screen Digest, dari 87 saluran anak-anak yang beroperasi di seluruh dunia pada tahun 1999, 50 diluncurkan dalam tiga tahun terakhir saja, dengan 33 saluran menggunakan pemrograman berbahasa Inggris (Screen Digest, 1999). 

Empat pemain utama di televisi anak-anak global adalah Nickelodeon yang berbasis di AS, (bagian dari Viacom-CBS), Cartoon Network, yang dimiliki oleh Turner Networks, bagian dari AOL-Time Warner; Disney Channel, diluncurkan pada 1984; dan Fox Family Worldwide, dimiliki oleh Fox Broadcasting, bagian dari News Corporation, dengan Saban Entertainment.

Ekspansi global perusahaan-perusahaan ini, seringkali melalui usaha patungan dengan saluran televisi lokal, telah menjadi faktor utama dalam pertumbuhan saluran anak-anak di seluruh dunia.

Pada tahun 1999, di luar AS ada 39 saluran atau umpan yang ditawarkan oleh Nickelodeon, Fox Family Worldwide, Cartoon Network, dan Walt Disney.

MTV Music Television

Ketika jaringan ini lahir, selamanya mengubah musik dan televisi Amerika. Sekarang ini jaringan terbesar di dunia. (MTV) Sejak diluncurkan pada tahun 1981, sebagai jaringan video musik 24-jam pertama di dunia, Music Television (MTV) telah muncul sebagai simbol globalisasi musik dan budaya pemuda Barat yang paling terlihat. Dengan slogannya Think global, 'bertindak secara lokal', jaringan MTV ditargetkan agar sesuai dengan selera musik, gaya hidup dan kepekaan dari anak-anak berusia 12-24 tahun di seluruh dunia. 

Pada tahun 1999, MTV, bagian dari raksasa media Viacom-CBS, mencapai lebih dari 314 juta rumah tangga di 83 negara, dan mengklaim sebagai 'jaringan yang paling banyak didistribusikan di dunia'. Tabel 5.2 mencantumkan elemen-elemen utama jaringan global MTV. Pendapatan MTV tahun 1998 adalah $ 1,85 miliar.

Dengan kehadiran dari Asia ke Amerika Latin dan dari Eropa Timur ke Amerika Utara saluran ini juga telah menelurkan berbagai imitasi dari saluran televisi musik populer nasional yang meniru gayanya yang tidak sopan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun