Mohon tunggu...
Tiara Adizha
Tiara Adizha Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Universitas Andalas

Loves art, hand lettering, photography, and baking. A music enthusiasts.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Terobosan Somethinc dalam Promosi Produk: Live TikTok hingga Gandeng Idola K-Pop

27 Desember 2022   12:33 Diperbarui: 27 Desember 2022   19:39 1942
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Somethinc merupakan salah satu brand lokal yang kini tengah hype di kalangan pecinta makeup dan skincare. Brand yang didirikan oleh Irene Ursula ini mulai menandingi brand-brand kosmetik luar yang ada di Indonesia. Popularitas brand tersebut tidak terlepas dari pemanfaatan media sebagai saluran promosinya. Salah satunya yang saat ini sedang tren ialah fenomena TikTok Live. Dalam fenomena tersebut, dapat kita lihat banyak pengguna yang menggunakan fitur live Tik Tok untuk memperlihatkan kegiatan yang mereka lakukan. Mulai dari sekedar menyapa penggemar, melakukan aktivitas sehari-hari hingga yang paling mencuri perhatian yaitu berjualan layaknya di offline store. Somethinc tentunya tidak melewatkan kesempatan ini untuk mempromosikan toko dan produknya kepada calon konsumen. 

Fitur live Tik Tok ini memberikan jangkauan khalayak yang luas, tidak sama seperti media sosial lainnya. Disini Somethinc bisa melakukan live dengan penonton yang tidak terbatas hanya pada followers. Dengan agoritma yang acak, siaran TikTok live dapat muncul pada layar setiap pengguna TikTok atau yang lebih dikenal dengan istilah for you page. Tentunya hal ini semakin memudahkan Somethinc dalam menjangkau lebih banyak calon konsumen.  TikTok live ini menjadi cara yang ampuh dalam menarik khalayak, sehingga akhirnya menggoda mereka untuk mulai mengikuti akun Somethinc dan menonton live tersebut.

Pada siaran langsung tersebut, Somethinc menawarkan produk-produknya layaknya berjualan secara langsung. Mereka menciptakan interaksi dengan calon pembeli pada kolom komentar. Setiap calon pembeli dapat menanyakan apapun kepada tim Somethinc berkaitan dengan produk yang diinginkan melalui kolom komentar. Lalu, pihak Somethinc akan menjawab dan memandu para calon pembeli menentukan varian produk yang tepat untuk setiap jenis kulit.

Tak hanya itu, kita juga menjumpai istilah etalase layaknya berjualan di toko. Seller biasanya mengarahkan setiap calon pembeli yang bertanya terkait produk dengan menyebutkan etalase, yaitu nomor urutan produk pada keranjang yang ditampilkan di layar. Mereka juga memeragakan produk-produk bersangkutan dan melakukan swatch produk untuk memudahkan calon pembeli menentukan warna kosmetik yang tepat. Sembari memeragakan produk, mereka juga memberikan instruksi kepada para penonton untuk mengikuti akun Somethinc dan melakukan tap-tap layar untuk memperoleh voucher menarik, serta meminta penonton agar segera check out dan melakukan payment jika ingin produk dikirimkan hari itu juga. Pada akhir tahun ini, Somethinc juga mengadakan promo Petasan Somethinc atau pesta diskon akhir tahun untuk menarik lebih banyak peminat.

Selain pemanfaatan media sebagai media promosi, popularitas brand ini juga semakin pesat dengan adanya inovasi yang mereka lakukan. Dalam upaya menggaet lebih banyak konsumen, Somethinc melakukan kolaborasi dengan boy group terkenal asal Korea Selatan yaitu NCT Dream.  Inovasi ini merupakan masukan dari para pelanggan setia Somethinc.

"Aku akan memperkenalkan kosmetik yang baru saja dipotret, Somethinc~, produk-produk itu sangat bagus. Jadi kalian harus mencobanya, dan mereviewnya padaku" ucap Jaemin dalam Behind The Scene Photoshoot untuk Somethinc, dilansir dari You Tube NCT Dream.

Sebelumnya juga ada Han So Hee, aktris cantik asal Korea Selatan yang juga menjadi Brand Ambassador dari brand ini. Dalam salah satu video iklan kolaborasi Somethinc bersama Han So Hee di TikTok, beberapa pengguna menunjukkan ketertarikannya terhadap produk tersebut.

"Baru kali ini nonton iklan di tiktok sampai abis karena mba So Hee".

"Auto borong produk Somethinc biar kaya mba So Hee"

Begitu bunyi komentar beberapa pengguna. Komentar tersebut menunjukkan adanya ketertarikan atau engaged dari khalayak terhadap brand Somethinc. Ketertarikan itu merupakan hasil dari penggunaan Brand Ambassador yang sedang popular di kalangan masyarakat. Pemilihan aktor dan idol Korea tersebut merupakan strategi persuasif dari Somethinc guna menjangkau lebih banyak peminat khususnya dari kalangan penggemar K-Pop. Hal ini karena suatu pesan persuasi atau iklan cenderung akan berhasil apabila dibawakan oleh tokoh yang memilki kredibilitas, kepopularan, dan daya tarik.

Melalui fitur live tiktok, dan penggunaan NCT Dream dan Han So Hee sebagai Brand Ambassador, terjadi peningkatan penjualan dari brand Somethinc. Adanya tindakan pembelian yang dilakukan konsumen merupakan efek dari strategi persuasif brand tersebut. Tindakan pembelian itu terjadi karena adanya ketertarikan atas promo atau potongan harga, pengaruh dari komunikasi persuasif dan promosi yang dilakukan oleh sales promotion, serta karena diiklankan oleh sang idola. Ketertarikan ini merupakan bentuk keberhasilan dari inovasi dan komunikasi persuasif yang dilakukan Somethinc untuk menggoda para peminat agar membeli produk Somethinc. Prilaku impulse buying ini menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan Somethinc mempengaruhi aspek kognitif, afektif, dan konatif dari konsumen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun