Mohon tunggu...
Ahmad Aditya
Ahmad Aditya Mohon Tunggu... Mahasiswa Uin Sunan Kalijaga Yogayakarta Prodi Ilmu Komunikasi - NIM : 20107030063

Y

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Untuk Kamu yang Merasa Dikhianati Hasil

14 April 2021   16:14 Diperbarui: 15 April 2021   04:21 78 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Untuk Kamu yang Merasa Dikhianati Hasil
klikdokter.com

Sering kali kita merasa bahwa apa yang selama ini telah kita perjuangkan dengan sungguh-sungguh justru tidak sesuai apa yang kita inginkan. Semua yang telah kita persiapkan seakan-akan tidak ada gunanya dan bahkan kadang-kadang kita menganggapnya sia-sia. 

Dalam titik ini, beberapa diantara mereka tidak mampu bangkit kembali dan justru malah terpuruk dan menyalahkan keadaan. Lalu, apa penyebab kegagalan dari sesuatu yang kalian perjuangkan? Berikut beberapa hal yang harus anda ketahui saat merasa dikhianati hasil.

  • Sudahkah kita benar-benar sungguh-sungguh menghadapi proses?

Beberapa diantara kita sering kali merasa bahwa yang selama ini kita lakukan telah benar-benar maksimal. Namun jika kita kembali mengurai apa yang selama ini kita lakukan, mungkin saja kita menemukan kejanggalan dalam usaha kita. Kita kadang merasa telah bersungguh-sungguh namun kenyataannya kita sering hanyut dalam kenikmatan yang sementara. 

Sebagai contoh siswa yang ingin masuk perguruan tinggi impian merasa dirinya telah belajar semaksimal mungkin namun gagal. Ia berpikir belajar yang maksimal adalah sekedar membaca buku satu jam sehari sekali.

 Dia melupakan kenikmatannya bermain hp, game, jalan-jalan, kencan, yang dia habiskan sekitar delapan jam sehari. Hal yang menurutnya telah maksimal sebenarnya adalah hal yang paling mendasar bagi orang lain. 

Orang lain bisa saja belajar di pagi, siang, sore, dan juga malam. Orang lain mungkin mau menerima rasa sakit dari kelelahan, kejenuhan, dan rasa sakit lainnya dengan mengorbankan beberapa kenikmatan yang sementara itu. Karena sebelum kita memikirkan kebahagiaan yang akan kita capai, kita harus memikirkan rasa sakit apa yang mau kita tanggung untuk menggapai impian tersebut.

  • Hal yang kita perjuangkan tidak benar-benar kita inginkan

Memperjuangkan sesuatu yang tidak benar-benar kita inginkan sudahlah salah sejak awal. Terkadang kita tidak bisa membedakan hal yang benar-benar kita inginkan dengan hal yang ternyata kita tertipu oleh luarnya saja. Lagi-lagi kita dihadapkan pada seperti apa rasa sakit yang kita inginkan. Sebagai contoh seseorang yang ingin menjadi seorang penyayi yang sukses merasa gagal karena karyanya sepi peminat.

Dan setelah ditelusuri, menjadi penyanyi bukanlah hal yang dia inginkan. Dia hanya tergiur oleh seberapa terkenal dan kayanya penyanyi-penyanyi ternama yang sering muncul di televisi. 

Jadi ketika dia sedang berjuang, perjuangannya yang sungguh-sungguh hanyalah ilusi, dia hanya terjebak pada imajinasinya yang menjadi terkenal dan kaya dalam mimpinya. 

Jika seseorang hanya ingin kaya atau pun terkenal, dia bisa saja mengambil jalan lain, mungkin politisi, pengusaha, aktor, dan lain sebagainya. Karena tidak harus menjadi penyanyi untuk terkenal atau pun kaya. 

Berbeda dengan seseorang yang benar-benar ingin menjadi penyanyi. Ia tidak akan merasa gagal hanya karna karyanya sepi peminat. Ia pasti akan merasa sukses hanya karena karyanya berhasil ia buat dan terus maju untuk mengembangkan karya-karyanya.

  • Hal yang kita perjuangkan tidak sesuai bakat kita.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN