Mohon tunggu...
catur adi sagita
catur adi sagita Mohon Tunggu... mahasiswa

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hasil Tidak Akan Mengkhianati Usaha

25 April 2021   09:16 Diperbarui: 25 April 2021   09:28 89 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hasil Tidak Akan Mengkhianati Usaha
China 2017 (DOKPRI)

Halo guys kali ini aku akan membagikan sedikit tentang kisahku

Pagi itu, setelah aku selesai bertanding catur, aku mendapat kabar bahwa aku dikirim untuk mengikuti kejuaraan Asian School Chess Championship di china. Aku terkejut mendapat kabar tersebut karena sangatlah mendadak. Posisiku pada saat itu masih mengikuti event kejurprov yang diadakan di Jember. Tahun 2017, sebelum puasa aku mengikuti kejuaraan tersebut. Alhamdulillah aku mendapat juara 1 di kejuaraan tersebut.

Setelah pulang dari sana, aku segera membuat Paspor. Kebetulan pasporku pada saat itu sudah telat beberapa bulan. Akhirnya aku harus membuat paspor baru. Pada saat itu umurku masih belum 17 tahun sehingga aku belum mempunyai KTP. Aku didampingi orang tuaku untuk membuat. Di Pacitan belum ada kantor Imigrasi sehingga aku harus ke Madiun untuk membuatnya.

Setelah sampai disana ternyata kantor Imigrasi sudah tutup. Jarak Pacitan ke Madiun lumayan jauh. Sebelum pergi ke Madiun juga kami harus juga mengurusi beberapa persyaratan untuk membuat paspor terseebut. Banyak sekali persyaratan yang digunakan untuk membuatnya sehingga memerlukan waktu yang cukup lama.

Setelah pulang dari Madiun, kami diberitahu tetangga bahwa ada kantor Imigrasi yang berada di Ponorogo. Pada saat itu tidak tahu, karena ternyata juga Kantor Imigrasi tersebut sangatlah baru. Di hari berikutnya aku dan orang tuaku pergi kesana. Setelah sampai disana segera mengisi formulir pendaftaran. Saat di cek kelengkapan persyaratan ternyata masih belum lengkap sehingga kami harus balik ke Pacitan.

Jika dihitung, aku sudah 5 kali pulang pergi dari Pacitan ke Ponorogo. Ada saja beberapa persyaratan yang belum terpenuhi. Sangat ketat dan wajar juga karena aku masih dibawah umur harus mengikuti bimbingan orang tua. Di hari terakhirnya juga masih ada harus surat rekomendasi dari Percasi saat itu. Akhirnya balik lagi untuk membuatnya.

Setelah semuanya siap, kami segera ke Ponorogo dan membuat paspor tersebut. Akhirnya kelengkapanya sudah semua dan bisa foto. Setelah semua selesai, kami balik dan harus menunggu jadinya paspor untuk beberapa hari.

Hari yang ditunggu sudah tiba, aku harus segera mengambil paspor tersebut. Saat hari itu juga sedang wisuda kelulusan SMP. Sayang sekali aku tidak bisa mengikuti wisuda tersebut. Aku bergegas mengambil paspor tersebut karena datanya harus segera dikirim untuk keberangkatan ke China. Untuk paspor semuanya sudah selesai.

Sebelum berangkat ke China, aku harus mengurusi pendaftaraan sekolah. Aku mendaftar sekolah di SMA N 1 Pacitan dan Alhamdulillah aku diterima. Belum sampai ikut  MOS di sekolah aku harus berangkat Jakarta. Jadi aku tidak tahu masuk IPA atau IPS saat itu. Kelasnya juga aku tidak tahu berada dimana.

Berangkat ke Jakarta aku menggunakan kereta di Stasiun Yogyakarta. Dari Jogja mendapat barengan yang juga ikut berangkat ke China. Anaknya masih kecil sehingga harus didampingi orang tuanya. Setelah sampai disana kami segera ke Bandara Soekarno-Hatta di Terminal 3 tujuan luar negeri. Banyak sekali orang yang sudah menunggu disana. Kami dari Indonesia yang berangkat sekitar 14 orang. 9 diantaranya pemain. Perjalanan Jakarta ke China membutuhkan waktu sekitar 6 jam. Pada saat itu juga tidak ada transit sehingga perjalanan cepat. Kami tiba di kota Guangzhou dan harus menginap satu malam disana. Main pertandinganya bukan di kota Guangzhou tetapi di Kota Panjin. Sehingga kami harus menginap satu malam disana.

Keesokan harinya kami meneruskan penerbangan ke Kota Panjin. Membutuhkan waktu sekitar dua jam untuk sampai disana. Setelah sampai disana kami dijemput bis hotel untuk segera diantarkan ke hotel. Banyak juga atlet yang baru datang dari negara lain. Saat itu kami bareng sama atlet Filipina berada dalam satu bis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x