Mohon tunggu...
adinda sofia
adinda sofia Mohon Tunggu... Mahasiswa - UPNVYK HUBUNGAN MASYARAKAT

hobi menggambar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kesenjangan Sosial

10 Agustus 2022   14:59 Diperbarui: 10 Agustus 2022   15:18 126 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

KESENJAGAN SOSIAL, APAKAH BENAR ITU TERJADI DI INDONESIA?

Seperti yang dikutip oleh www.gramedia.com kesenjangan sosial merupakan suatu kondisi di mana ada hal yang tidak seimbang di dalam kehidupan masyarakat, entah itu secara personal maupun kelompok. Namun apa iya hal ini terjadi di Indonesia?

Memang ini sering terjadi di Kota-kota besar dan memang terpampang jelas misalnya saja di DKI Jakarta di sepanjang jalan kita bisa melihat gedung-gedung pencakar langit yang mewah dan megah, namun jika kita lihat lagi di pinggiran kota Jakarta ini banyak rumah-rumah kumuh yang sangat berbanding terbalik dengan kemewahan gedung-gedung pencakar langit yang ada di tengah kota, seperti yang ada di gambar ini

Foto dilansir dari: https://www.bbc.com/indonesia

Seperti yang bisa kita lihat di gambar ini sangat terlihat jelas kesenjangan sosial yang ada di Indonesia. Namun apa sih yang membuat adanya kesenjangan sosial? Selain jumlah penduduk miskin meningkat selama enam bulan terakhir, harga barang dan jasa juga naik, penambahan penduduk miskin disebabkan turunnya daya beli masyarakat, apalagi setelah pandemi covid-19 mengakibatkan semua barang dan jasa kehilangan sumber pendapatan. Bahkan mengacu pada data BPS, angka kemiskinan di Jakarta pada September 2021 naik 0,02 persen dengan total warga miskin yaitu 498,20 ribu. Selain itu, BPS DKI juga mencatat secara khusus penduduk sangat miskin  bertambah 2.000 orang, dari 144,3 ribu orang pada September 2021 menjadi 146,3 orang pada Maret 2022.

Seperti yang kita tahu tingkat kemiskinan ini makin meningkat semenjak wabah covid-19 ini mulai mewabah, tapi dengan apa sih sebenarnya kita bisa menanggulangi hal ini? Sebenarnya faktor dari sebab kemiskinan tersebut dapat berupa pertumbuhan ekonomi, tingkat upah, kesempatan kerja dan lain-lain, dengan itu pemerintah bisa membuka lebih banyak lapangan kerja dan kesempatan kerja bagi rakyat Indonesia sendiri bukan merekrut tenaga kerja dari negara asing, namun mempekerjakan orang Indonesia sendiri yang mempunyai kualifikasi untuk menjadi tenaga kerja tersebut dan memberikan upah sesuai UMR yang ada. Apalagi di zaman yang serba digital ini harusnya bisa memberikan peluang pekerjaan yang besar lagi. Dengan itu semoga Indonesia menjadi negara yang lebih baik lagi dan mari kita hilangkan kesenjangan sosial ini!

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan