Mohon tunggu...
Adinda Shafira
Adinda Shafira Mohon Tunggu... Mahasiswa

Suka menulis.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Belajar Urban Farming Sejak Dini

30 Juli 2019   21:20 Diperbarui: 31 Juli 2019   18:04 0 0 0 Mohon Tunggu...

Didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dr. Sophia Dwiratna Nur Perwitasari S.TP., M.T, kegiatan berjalan dengan lancar.

Dalam rangka Pengenalan Teknologi Hidroponik Sejak Dini Sebagai Pengenalan Dunia Pertanian Modern pada Anak Sekolah, pada Rabu, 17 Juli 2019 lalu, mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Unpad bekerjasama dengan Dr. Sophia Dwiratna Nur Perwitasari S.TP., M.T sebagi realisasi atas PPM (Pengabdian Pada Masyarakat). Sebanyak 38 murid TKIT Alam Ash-Shofwah diundang untuk mengunjungi Laboratorium Urban Farming di FTIP (Fakultas Teknologi Industri Pertanian). Berkebun sambal belajar adalah cara yang paling efektif untuk mengenalkan berbagai macam jenis hidroponik. Hal ini pun, mendapat respon yang baik dari pihak sekolah.

Belajar berkebun sejak dini, yuk!
Pelaksanaan KKN dengan topik pendidikan urban farming sejak dini ini mengajarkan murid TK dengan memberikan materi mengenai pengenalan hidroponik, praktek untuk menanam sayuran hidroponik, hingga pengambilan hasil panen.

Menurut Shopia selaku DPL KKN Unpad 2019, program urban farming telah dibuat sejak awal tahun 2018. Program ini merupakan program yang terintegrasi dari riset yang bekerja sama dengan risetdikti mengenai sistem hidroponik yang kemudian terintegrasi dengan Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat atau PPM Dosen dari Unpad.

"Nah, untuk PPM Dosen sendiri saya fokus ke pengenalan hidroponik maupun pertanian modern atau juga tadi terkait urban farming ke anak sekolah. Tujuannya, untuk meningkatkan lagi minat generasi muda terhadap dunia pertanian," ujar Sophia.

Kegiatan Urban Farming di Lab. Urban Farming FTIP dibuka untuk berbagai jenjang, mulai dari Paud, TK, SD, SMP, SMA, hingga Mahasiswa dari luar Unpad pun dapat belajar menanam lewat media selain tanah, lho!

Adinda Shafira