Mohon tunggu...
Tinta Hitam
Tinta Hitam Mohon Tunggu... Human Resources - Pluviophile ☔

A D I N D A

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

Pentingnya Komitmen dalam Hubungan

12 Oktober 2021   12:40 Diperbarui: 12 Oktober 2021   12:53 272 5 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
(image by maxmanroe.com)

Setiap orang yang memiliki hubungan dengan orang lain, pastinya membutukan yang namanya komitmen, tanpa adanya komitmen, mungkin saja hubungan yang sedang dijalin tidak akan harmonis dan berjalan kurang lancar, dikarenakan akan sulit memahami sudut pandang yang berbeda dan lain-lain, namun komitmen yang dimaksud tidak hanya untuk hubungan percintaan, namun komitmenpun juga penting dalam sebuah hubungan kerja. 

Mengapa demikian? Mari kita kupas lebih dalam mengenai komitmen kerja tersebut.

Yang dimaksud dengan komitmen adalah janji pada diri kita sendiri atau pada orang lain yang tercermin dalam tindakan kita. Komitmen merupakan pengakuan seutuhnya, sebagai sikap yang sebenarnya yang berasal dari watak yang keluar dari dalam diri seseorang. Secara umum, istilah ini menggambarkan pengabdian diri seseorang pada suatu hal dalam jangka waktu yang lama. 

Sedangkan arti komitmen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), adalah tindakan untuk melakukan sesuatu. Dengan kata lain, komitmen merupakan bentuk dedikasi atau kewajiban yang mengikat kepada orang lain, hal tertentu, atau tindakan tertentu.

Sedangkan komitmen dalam rana organisasi adalah sebagai suatu keadaan dimana seseorang karyawan memihak organisasi tertentu serta tujuan tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut. 

Komitmen tentunya sangat penting ditanamkan dalam diri semua orang, dikarenakan dengan adanya niat komitmen yang tinggi dalam diri, hidup akan terasa lebih tertata dan tentunya akan  berjalan sesuai dengan yang diusahakan. Komitmen itu sendiri dilakukan dan ditanamkan dalam diri seorang atas dasar suka rela dan tanpa paksaan dari orang lain. 

Komitmen sangat diperlukan dalam dunia kerja, Komitmen pada setiap karyawan atau  pekerja sangat penting karena dengan suatu komitmen seorang karyawan dapat menjadi lebih bertanggung jawab terhadap pekerjaannya dibanding dengan karyawan yang tidak mempunyai komitmen. 

Biasanya karyawan yang memiliki suatu komitmen, akan bekerja secara optimal  dan berusaha semaksimal mungkin sehingga dapat mencurahkan perhatian, pikiran, tenaga dan waktunya untuk pekerjaanya, sehingga apa yang sudah dikerjakannya sesuai dengan yang diharapkan oleh diri mereka sendiri dan tentunya juga diharapkan oleh perusahaan. 

Komitmen sering dihubung hubungkan dengan masalah percintaan atau hubungan dua orang dan lain sebagainya, padahal komitmen tidak hanya mengenai masalah hubungan percintaan, namun komitmen dalam hal kerja itu juga sangat penting. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan