Penulis: Adilla Putri Setianingrum
Siapa yang tidak tahu sosial media? Di zaman seperti sekarang ini sudah pasti semuanya mengenal apa itu sosial media. Dari anak-anak hingga dewasa, semuanya mengenal perkembangan teknologi yang satu ini.
Sosial media merupakan suatu media yang digunakan untuk bersosialisasi satu sama lain secara online tanpa batasan ruang dan waktu. Wujud dari sosial media itu sendiri yaitu Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan lain sebagainya. Sosial media telah memudahkan kita dalam berinteraksi dengan teman, dengan kerabat, bahkan dengan seseorang yang baru kita kenal.
Perlahan, metode interaksi zaman dulu pun mulai tersingkirkan. Pengiriman via SMS dan pengiriman surat lewat kantor pos teralihkan oleh penggunaan sosial media. Selain pengirimannya yang cepat dan tanpa batas waktu, interaksi melalui sosial media juga irit biaya dan pulsa karena sosial media itu menggunakan paket data. Dalam sosial media, selain digunakan untuk interaksi seperti saling mengobrol, juga terdapat berbagai macam informasi mengenai trend-trend masa kini dan informasi penting lainnya.
Selain digunakan untuk berinteraksi secara online, ternyata sosial media juga dapat digunakan sebagai tempat penggalangan empati sosial, lho.
Dengan perkembangan teknologi yang lebih maju, berbagai metode pembayaran pun dapat dilakukan secara online lewat aplikasi e-wallet seperti OVO, GOPAY, DANA. Dapat juga dilakukan melalui SHOPEEPAY dan aplikasi mbanking berbagai bank yang ada. Di samping itu, muncullah strategi baru untuk melakukan berbagai penggalangan empati sosial melalui sosial media yang mana pembayarannya melalui aplikasi-aplikasi tersebut.
Penggalangan empati sosial tersebut berupa penggalangan-penggalangan dana/donasi yang nantinya akan disalurkan kepada kaum duafa, rakyat yang hidupnya kurang beruntung, dan kepada para korban bencana alam. Strategi ini seperti promosi agar masyarakat tergerak hatinya untuk membantu Saudara-saudara kita yang kesusahan di luar sana. Biasanya strategi penggalangan tersebut berbentuk video, foto, dan pamflet yang berkaitan dengan objek yang akan dituju untuk dikirimkan donasi bantuan.
Strategi ini bertujuan agar teman-teman yang ingin melakukan sumbangan tetapi mager untuk keluar, masih dapat melakukan sumbangan walau hanya di rumah saja dengan pemanfaatan aplikasi pembayaran online. Selain itu, pemanfaatan sosial media sebagai tempat penggalangan empati sosial juga diharapkan dapat terlaksana secara maksimal, karena hampir setiap orang khususnya generasi muda yang memiliki sosial media. Sehingga peluang untuk dilihat oleh masyarakat menjadi lebih besar.