Mohon tunggu...
Adica Wirawan
Adica Wirawan Mohon Tunggu... Wiraswasta - "Sleeping Shareholder"

"Sleeping Shareholder" | Email: adicawirawan@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Finansial Artikel Utama

Inilah 4 Tips Cari Saham yang Bisa Kasih "Cuan" Puluhan hingga Ratusan Persen

23 Agustus 2021   07:00 Diperbarui: 23 Agustus 2021   09:25 1221 18 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Screening Saham | Sumber: economictimes.indiatimes.com

"Bagaimana cara mencari saham bagus yang bisa menghasilkan keuntungan yang besar?"

Pertanyaan tersebut mungkin merupakan pertanyaan yang cukup "krusial" bagi siapapun yang berkecimpung di pasar saham

Disebut demikian, karena upaya mencari dan menemukan saham yang layak diinvestasikan bakal menentukan perjalanan investasi yang dilakukan.

Jika "berjodoh" dengan sebuah saham yang bagus, maka investor bisa saja memperoleh keuntungan yang lumayan besar darinya. Namun, kalau yang terjadi justru sebaliknya, maka investor siap-siap menanggung kerugian.

Makanya, memilah dan memilih saham begitu penting. Namun, sayangnya, mendapatkan saham yang bagus itu gampang-gampang susah. 

Disebut gampang, lantaran kini tersedia sejumlah aplikasi stock screener yang bisa dipakai untuk menyeleksi saham yang sesuai dengan kriteria.

Dengan memakai aplikasi tadi, kita cukup memasukkan kriteria-kriteria tertentu (biasanya berdasarkan rasio keuangan), dan kemudian akan muncul sejumlah saham yang patut diperhatikan. 

Alhasil, hanya dalam waktu beberapa menit saja, kita sebetulnya sudah bisa menjaring sejumlah saham yang layak dipertimbangkan untuk dibeli.

Sementara, disebut susah, karena kita mesti melakukan analisis lebih lanjut. Mencari saham berdasarkan rasio keuangan tertentu tidaklah cukup. Kita mesti membaca sejumlah dokumen penting, seperti laporan keuangan, laporan tahunan, laporan public expose, dan laporan kepemilikan, guna mengetahui seluk-beluk perusahaan lebih dalam. Semakin kita mengenal sebuah perusahaan dengan baik, maka semakin kita terhindar dari kesalahan investasi.

Namun demikian, dalam artikel ini, saya tidak akan membahas panjang lebar tentang cara membedah laporan keuangan, atau sebangsanya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan