Mohon tunggu...
Adhi Pradityo
Adhi Pradityo Mohon Tunggu... Karyawan Swasta

Bankir satu Istri dan Dua Malaikat kecil

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

CCA#2: Manusia Itu Bersaudara

27 Maret 2020   14:54 Diperbarui: 27 Maret 2020   15:09 57 0 0 Mohon Tunggu...

Di lingkungan rumah saya, cuacanya bisa dikatakan nyaman, Alhamdulillah. Di katakana panas terik, namun masih ada angin sejuk yang bertiup, jadi seakan rasa terik itu tidak terasa. Topik cuap-cuap kali ini "sayangnya" masih akan berbicara perihal Corona. Tapi sesuai dengan celotehan saya pada unggahan pertama, saya mau lebih berbicara lebih banyak sisi positifnya saja.

Kawan, beberapa hari ini saya banyak membaca dan melihat berita yang menunjukan betapa hebatnya manusia. Ini menunjukan betul bahwa Allah SWT / Tuhan menciptakan manusia sebagai mahluk sempurna bukanlah suatu isapan jempol belaka. Mengapa saya katakan seperti itu, karena ternyata dibalik semua propaganda politik dunia, masih ada rasa kemanusiaan diantara mereka.

Kawan semua pastinya pernah melihat suatu video di media sosial yang menunjukkan warga Wuhan saling menyemangati satu sama lain dari Apartemen mereka dikala mereka sedang di lockdown. Itu mungkin satu contoh kecil yang sempat saya lihat, dan mungkin kawan-kawan semua pernah melihat yang jauh lebih hebat lagi. Dan ini hebatnya lagi (menurut saya),begitu mereka dapat "menyelesaikan" kasus Corona di Wuhan, pemerintahnya mengirimkan para tenaga-tenaga medis untuk membantu saudara-saudara kita di Italia. Yang lebih hebatnya, para tenaga medis ini MAU.

Memang konon katanya warga Italia itu terkenal "ngeyel" ketika ada wabah ini. Di minta diam dirumah tapi memilih untuk minggel minggel dengan rekan sejawat (kurang lebih sama lah kaya Indonesia), dan para tenaga medis dari China mengaku kewalahan. Terbuktikan kan, jumlah angka kematian akibat Corona di sana tertinggi saat ini. Tapi Tenaga Medis China ini tetap stay tuh, karena mereka tau saudara Italianya masih butuh mereka. Dan kalau tidak salah baca, belum lama ini Kuba juga mengirimkan tenaga medisnya ke Italia. Masya Allah....

Jadi kawan, ada sisi kemanusian karena kita manusia, ada saudara karena kita bersaudara. Terlepas dirimu dari suku apa, menyembah apa, dari belahan bumi mana, tetap saja ada satu point penting yang harus diingat semua manusia bahwa semua manusia itu bersaudara, dan rasa kemanusiaan harus dibangun dalam koridor persudaraan.

Wassalam.

VIDEO PILIHAN