Kang Ade
Kang Ade profesional

Driver 1k km Palu - Mamuju - Tana Toraja ajang Datsun Risers Expedition 2 Etape 2 Sulawesi. www.kliksoreang.com | Email: info@individualis.me | http://individualis.me

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Bermain Sambil Belajar dengan Animal Aphabet Cards - Augmented Reality

2 Juni 2015   12:54 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:23 42 1 1
Bermain Sambil Belajar dengan Animal Aphabet Cards - Augmented Reality
Augmented Reality atau Realitas Tertambah dari Octagon 4D+

Panjang banget ya judulnya? Hehe ... Belum lama ini saya menerima penawaran mas Achmad Bisri mau nggak mereview kartu Mengenal Abjad dan Nama Binatang dari Octagon 4D+ ? Tapi agar bisa memulai bermain sambil belajarnya diperlukan Gawai iOS atau Android. Wah, bikin penasaran aja nih ... Saya sambut penawaran karena penasaran seperti apa sih Animal Aphabet Cards - Augmented Reality itu?

Animal Alphabet Cards, sesuai dengan namanya - terdiri dari 26 kartu nama binatang mulai dari A hingga Z ditambah dengan 1 lembar kartu berisi intruksi cara penggunaannya. Di bawah dus kartu ini tertulis, Augmented Reality. Langsung cari tahu dong, apa sih itu? Rupanya kartu yang tengah saya cari tahu penggunaannya tersebut benar-benar kartu ajaib! Jangankan anak-anak, saya aja orangtua senang sekali memainkannya ...

Bayangkan aja, setiap selembar kartu, kalo saya letakan begitu saja di depan laptop (iya kemarin saya letakkan di depan laptop) lalu saya sorot dengan menggunakan kamera Android eh langsung aja berdiri binatangnya. Sebelumnya ada suara perempuan dengan nada lembut, "Ant .." katanya. Tiba-tiba, semut bergerak di dahan pohon berikut ranting dan dedaunan ... Wow! Lalu saya ambil kartu lain; kuda (horse), jerapah (Giraffe), lumba-lumba (whale), dan kerbau ehm sapi binatang khas Tibet sih tepatnya (Yak). Semua binatang bersuara khas sesuai namanya, meliuk-liuk, bergerak-gerak di depan laptop. Seperti nyata, menarik sekali!

Itulah teknologi Augmented Reality atau Realitas Tertambah; teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi dan kini sudah mampu menampilkan gambar 4D+ ke dalam sebuah lingkungan nyata, tipis sekali jarak antara nyata dan proyeksi maya yang ditampilkan.

[caption id="" align="aligncenter" width="336" caption="Augmented Reality atau Realitas Tertambah dari Octagon 4D+"][/caption] Langkah-langkah menggunakan kartu augmented reality. Pertama, unduh aplikasi Animal 4D+ Kedua, buka aplikasi dan letakkan kartu di depn kamera dan biarkan kamera memindai gambar pada kartu secara otomatis. Ketiga, nikmati penampilan multimedia yang akan membuat penggunanya merasakan sensasi seperti menjumpai langsung dengan objek yang tengah disorotnya. Informasi lebih lengkap sila kunjungi artikelnya di sini.