Mohon tunggu...
Ade Risma Febriyanti
Ade Risma Febriyanti Mohon Tunggu... Ahli Gizi - Mahasiswa S1 Gizi

Mahasiswa S1 Gizi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Status Gizi pada Atlet Sepak Bola di Klub Angkasa FC Kabupaten Semarang

29 November 2021   13:01 Diperbarui: 29 November 2021   13:35 46 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Kabupaten Semarang, (29/11/2021). Prodi Gizi, Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat, Universitas Negeri Semarang mengadakan kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) Gizi olahraga. 

Kegiatan ini dilakukan dengan mengintervensi atlet sepak bola di Klub Angkasa FC. Atlet sepak bola merupakan salat satu atlet dengan aktivitas fisik yang memerlukan kebutuhan energi yang tinggi. 

Oleh karena itu, perlu diperhatikan asupan nutrisi untuk memenuhi status gizi atlet yang dapat mempengaruhi performa pada atlet. 

Kebutuhan asupan gizi dan cairan setiap atlet berbeda disesuaikan dengan aktivitas fisik, kebutuhan pertandingan, komposisi tubuh, dan lain sebagainya. 

Maka dari itu dilakukan perhitungan status gizi pada atlet oleh Ade Risma Febriyanti mahasiswi (S1 Gizi) Universitas Negeri Semarang melalui kegiatan PKL (Praktik Kerja Lapangan) Gizi Olahraga di Klub Sepak Bola Angkasa FC di Pringapus, Kebupaten Semarang. Rangkaian kegiatan yang dilakukan yaitu pengukuran antropometri berupa berat badan dan tinggi badan, pengkuran tebal lemak dibawah kulit,  pemeriksaan fisik klinis, konseling dan wawancara Recall 24 jam. 

Dokpri
Dokpri

Setelah dilakukan pengambilan data, dilakukan diagnosis dan intervensi pada atlet yang kemudian dilakukan konseling dan edukasi pada atlet sesuai dengan permasalahan gizi yang dialami. 

Materi konsling dan eduaksi yang diberikan yaitu berupa pemenuhan energi sesuai dengan kebutuhan pada atlet sepak bola, gizi seimbang, dan penurunan asupan zat gizi tertentu berupa garam pada atlet dengan hipertensi. setelah itu dilakukan monitoring dan evaluasi pada setiap pertemuan untuk mengetahui perkembangan dan perubahan pada atlet. 

Kegiatan ini mandapat antusias dan respon positif dari atlet dan pelatih dari Klub Sepak Bola Angkasa FC. Kegiatan ini juga memberikan perkembangan dan perubahan lebih baik pada atlet mengenai asupan makanan dan meningkatkan status gizi pada atlet di Klub Sepak Bola Angkasa FC yang dilihat dari hasil monitoring dan evaluasi. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan