Mohon tunggu...
Aderifqi Dian Maulana
Aderifqi Dian Maulana Mohon Tunggu... Freelancer - @aderifqi38

Seorang penulis baru

Selanjutnya

Tutup

Travel

Surga Kecil Dunia di Barat Perkotaan Yogyakarta

19 Oktober 2021   16:30 Diperbarui: 2 November 2021   06:39 125 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
by: Aderifqi Dian Maulana

Wisata alam merupakan sarana refresing untuk masyarakat yang ingin melepaskan penatnya, terutama para mahasiswa yang memiliki beban tugas yang sangat banyak. Yogyakarta memiliki banyak sekali wisata alam yang sangat mengundang para wisatawan, contohnya Pantai Parangtritis, Tebing Breksi, Puncak Sosok, dan wisata alam lainnya. 

Wisata alam di Yogyakarta seperti tidak ada habisnya, selalu saja ada destinasi wisata alam baru yang sangat indah untuk dikunjungi, baik wisata kuliner maupun wisata alam. Hal itu yang membuat provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi tujuan wisata yang menarik. Pada waktu liburan, banyak wisatawan dari berbagai kota di Indonesia yang datang berbondong-bondong mengunjungi Yogyakarta untuk liburan. Hingga kini pariwisata di Yogyakarta terus dikembangkan agar dapat menarik banyak minat para wisatawan. Sedikit demi sedikit pariwisata di Yogyakarta terus menambah dan berkembang, banyak destinasi wisata yang awalnya hanyalah destinasi wisata kecil, lalu semakin hari semakin berkembang dan menjadi destinasi wisata yang viral.

Salah satu wisata di Yogyakarta yang baru-baru ini viral adalah Rawa Kalibayem yang berlokasikan di Sonopakis Kidul, Ngestiharjo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Area Rawa Kalibayem ini dikembangkan oleh Pemerintah Desa Ngestiharjo untuk dijadikan sebagai ruang public yang nyaman bagi masyarakat, sekaligus menjadi destinasi wisata baru. Lokasi ini bisa ditempuh sekitar kurang lebih 10-15 menit tergantung dengan keadaan jalanan sekitar, wisata ini juga dapat dijangkau oleh ojek online atau taksi online karena akses jalan yang sangat mudah dan tidak terlalu masuk ke dalam pedesaan. Tempat ini juga masih bisa dijangkau oleh sinyal, karena tempat ini dekat dengan Kawasan perkotaan. Sesampainya disana, kita dapat menikmati pemandangan area rawa yang indah dan apabila beruntung kita juga dapat menikmati pemandangan ­­sunset di lokasi tersebut.

Rawa Kalibayem ini merupakan kawasan wisata alam yang memperlihatkan keindahan rawa tersebut dan memiliki berbagai wahana air yang dinilai kekinian. Konon katanya rawa ini dulunya dijadikan sebagai tempat percobaan kapal selam dan peralatan perang lainnya, selain itu tempat ini juga pernah dijadikan sebagai tempat peristirahatan keluarga Kraton pada masa Sri Sultan Hamengkubuwono VII. Tempat ini menghadirkan berbagai wahana air yang kekinian seperti sepeda air yang berbentuk angsa, perahu, dan sampan.Di sisi lain dari tempat ini juga menyediakan wahana yang ada seperti di pasar malam, tempat ini juga menyediakan berbagai spot foto untuk berfoto. Rawa Kalibayem ini berdekatan dengan jalanan yang menjadi akses warga sehari-hari, terdapat juga jembatan kecil yang menjadi spot para pedagang kaki lima, banyak jenis makanan kaki lima yang mereka tawarkan, seperti tahu bulat, cilok telur, dan lainnya. Tempat ini juga cocok untuk kamu yang memiliki hobi mancing karena di rawa ini terdapat ikan-ikan sungai dan tidak memiliki larangan untuk memancing, banyak juga warga sekitar dan pengunjung dari luar Desa Ngestiharjo yang memancing ikan di rawa tersebut. Tempat ini masih dikelola oleh warga sekitar dan belum mematok biaya masuk, maka biaya yang dikeluarkan cukup seikhlasnya untuk pengembangan objek wisata, namun untuk wahana akan dikenakan tarif tertentu tergantung dengan wahana yang dipilih. Di tengah Rawa ini terdapat patung Semar Putih yang menjadi ikon wisata mereka, tak hanya itu terdapat juga tulisan “Rawa Kalibayem” sebagai bentuk dari branding mereka.

Objek wisata ini cocok untuk kamu yang ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan menggunakan kereta api, karena objek ini merupakan salah satu destinasi wisata yang dekat dengan Stasiun Tugu Yogyakarta selain dari Malioboro dan Alun-Alun, serta tidak menguras uang yang banyak. Rawa Kalibayem juga tempat yang cocok untuk kamu yang ingin ngabuburit di saat bulan Ramadan, karena ditempat ini kita juga bisa menunggu adzan maghrib sambil menikmati terbenamnya matahari alias sunset, cocok juga untuk menyegarkan pikiran setelah melalui masa-masa yang berat. Dengan membayar seikhlasnya, kamu bisa memasuki Kawasan ini dan berfoto-foto di Kawasan ini, kamu juga bisa memancing apabila membawa peralatan mancing. Objek wisata ini juga masih tergolong baru, jadi masih ada beberapa tahap pengembangan pada objek wisata ini. Walaupun masih terdapat beberapa tahap pengembangan, objek wisata ini sudah bisa kamu nikmati dengan menaiki beberapa wahana dan terdapat beberapa spot foto yang kekinian yang ada disana.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan