Mohon tunggu...
Adelia TriEka
Adelia TriEka Mohon Tunggu... Pengelana

Amuk itu adalah Angkara dungu yang gemar memangsa hati

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Beberapa Tips untuk Menulis, Kepoin Yuk!

17 November 2019   08:47 Diperbarui: 17 November 2019   08:46 0 2 1 Mohon Tunggu...

Apakah kalian salah satu penulis yang terkadang kehabisan ide untuk menulis? Bagaimana sih caranya untuk selalu konsisten dalam menulis? Semua pertanyaan ini pastinya ada dalam diri seorang penulis, apalagi jika keadaan penulis sedang tidak baik-baik saja. Sudah pasti pikiran kacau oleh banyaknya pertanyaan yang pada akhirnya tidak menyelesaikan satupun tulisan yang akan digarapnya.

Untuk itu Delia mencoba berbagi tips yang menurut aku bisa membuat banyak ide berdatangan begitu saja. Tips itu adalah sebagai berikut ini;

1. Banyak membaca karya orang lain
Dengan banyak membaca kita bisa memperbanyak kosakata, sehingga tidak pernah kehabisan kata untuk dituliskan. Juga bisa membuat daya hayal terinspirasi dengan membaca banyaknya tema yang berbeda-beda. 

2. Berlatih menulis
Semakin sering menulis kemampuan kita diasah untuk terus meningkatkan pembendaharaan kata agar terbiasa beraksi dan berimajinasi. Lambat laun menulis menjadi lebih mudah dan begitu kita nikmati.

3. Selalu mencatat ide
Di manapun dan dalam keadaan apapun jangan lupa untuk mencatat ide yang tiba-tiba datang. Karen terkadang ide tidak terduga berasal dari tempat yang tidak terduga. Intinya adalah mencatatnya saja dulu, masalah eksekusi bisa dilanjutkan nanti jika waktu dan keadaan sudah memenuhi kebutuhan untuk menulis dan berkreasi.

4. Targetkan!

Buat target menulis, minimal satu hari satu paragraf, hal ini untuk bisa berguna untuk mengasah kemampuan menulis kita.

Seperti menulis pada sebuah buku diary, serupa itulah kita mengasah kemampuan menulis.

5. Fokus
Menulis saja dulu tanpa aturan kbbi dan lain sebagainya, sebab jika kita menulis dengan beban segala macam aturan, maka sampai kapanpun tidak akan menghasilkan sesuatu. Karena menikmati proses menulis itu lebih menyenangkan, ketimbang menulis dengan beban tanpa hasil yang diperolehnya.

6. Inovasi

Setelah membaca banyak karya tulis penulis kenamaan, buatlah inovasi kreatif dari pemikiran kita sendiri, berupa opini dari hasil bacaan yang kita baca. Karena dengan berinovasi kita bisa menemukan ciri khas kita sebagai seorang penulis.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x