Mohon tunggu...
Ade Irma Mulyati
Ade Irma Mulyati Mohon Tunggu... Saya Ade Irma Mulyati, guru di SDN Pakusarakan Kecamatan Ngamprah Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat

Mau berbagi itu indah karena menabur kebahagiaan, dengan ikhlas memberi semoga menginspirasi.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Tahun Ini Harus Wisuda, Cara Memotivasi Diri Selesaikan Studi

2 April 2021   22:56 Diperbarui: 2 April 2021   23:04 91 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tahun Ini Harus Wisuda, Cara Memotivasi Diri Selesaikan Studi
dokpri.olahan canva

Idih, malu dong ah, masa menunggu program sapu jagat. Dikejar deadline masa kuliah di perguruan tinggi itu menyakitkan. Bahkan seharusnya dihindari oleh mahasiswa yang masih muda maupun sudah berusia. Menyandang status mahasiswa dengan usia tidak muda, tetap harus berjiwa petarung yang pantang menyerah. Usia bukan penghalang untuk menyerah, justru jadi tantangan untuk membuktikan"Saya Bisa Menjadi Pemenang". Semangat berjuang yang sudah dibuktikan semasa perkuliahan, jangan kalah oleh tahap akhir menyusun skripsi, tesis, atau disertasi. Percayalah dengan ketekunan masa sulit akan dilewati. Itulah kata-kata yang aku dengar jelas meresap sampai menyentuh ujung pangkal jantungku, pada saat webinar penguatan dari kampusku. Sebenarnya sering terdengar bujuk rayu dari anak-anakku yang penuh harap melontarkan pertanyaan, "Bu, kapan wisuda. Ayo, jangan berlama-lama, nanti jadi mahasiswa abadi." Bisa-bisanya mereka membuat kupingku merona merah.

Sekedapan jantungku berhenti berdetak karena kaget dan di luar dugaan orang-orang yang aku kagumi melontarkan kata-kata tersebut. Kurenungkan sambil memaknai kalimat tadi. Ternyata "pedas dan pedih". Tetapi ampuh mengusik semangatku untuk bangkit kembali. Setelah hampir dua tahun terlelap dalam tidur nyenyak.

Benar, tak perlu memikirkan mau jadi apa nanti, yang penting sekarang selesaikan dulu studi. Yakinlah investasi di bidang pendidikan, cepat atau lambat pasti ada dampaknya. Intinya jangan berfikir macam-macam, fokuskan dulu menyelesaikan skripsi, tesis, atau disertasi. 

Urusan selanjutnya bagaimana hari berikutnya. Pasti ada takdirnya. Mari kita merenung untuk mengingat kembali energi, waktu, dan biaya yang sudah dikeluarkan. Masa iya, terbuang percuma. Wah, tak adil itu. 

Harus secepatnya ambil keputusan untuk bergerak berkelanjutan membuka kembali lembaran-lembaran hasil penelitian. Apakah ada yang senasib denganku? Masa pandemi yang berlangsung lebih dari setahun memaksa untuk kuat, kreatif, dan inovatif. Berbagai alasan sebagai pembelaan karena rasa malas sudah tidak berlaku. Ayo, bergandeng tangan saling menguatkan kita wujudkan mimpi yang tertinggal. 

Nah, sebagai upaya memotivasi diri terdapat empat hal yang harus ditanamkan dalam diri jika ingin segera menyelesaikan studi, yakni:

1. Memiliki visi yang jelas dan terukur. Apa yang mau dicapai tahun ini. Sudah pasti tahun 2021 saya harus wisuda. Berarti harus menyiapkan niat, kemampuan dan kemauan agar seiring sejalan mewujudkan visi yang sudah dibuat tersebut. 

Motivasi diri harus diperkuat dengan sering mengintip kabar kawan yang selalu ada perubahan-perubahan berkelanjutan. Rasa iri atas kesanggupan mereka mengalahkan hambatan perlu diteladani dan ditiru agar maju terus pandang mundur.

2. Bercita-cita.

Supaya mengingat dengan visi yang sudah kita buat sebelumnya, maka diperlukan perubahan perilaku dalam bentuk memberikan pengaruh yang terus menerus agar melekat. 

Dengan menuliskan "Saya Harus Lulus Tahun 2021" menjadi energi penggerak untuk terus berjuang mewujudkannya. Simpan tulisan itu di kamar,di ruang kerja atau dimana saja yang bisa dilihat jelas. Hal ini untuk mempertebal ingatan untuk segera mewujudkannya. Jika ada kendala pasti sesegera mungkin ditemukan solusinya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN