Mohon tunggu...
Ade Ira Cahyanti
Ade Ira Cahyanti Mohon Tunggu... Seorang perawat, penulis pemula, dan suka memasak

life is about how useful you are

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Artikel Utama

Sebuah Seni Merawat Lansia

11 Juli 2020   17:51 Diperbarui: 11 Juli 2020   21:44 234 22 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Sebuah Seni Merawat Lansia
Ilustrasi mengasuh lansia (Sumber: www.gettyimages.com)

Pernah jadi perawat gerontik!

Ngomong-ngomong, kata Gerontik masih cukup tabu ya di telinga masyarakat luas. Oke kita ganti "begini loh caranya jadi perawat untuk pasien lansia".

Nah kalau begitu sudah tahu kan ya gambarannya? Sudah tahu belum sih? Lho, kok jadi maksa gini ya? Hehe... 

Lagi lagi aku akan bahas seputar duniaku, tapi bukan berarti aku mengetahui segala hal tentang profesiku. Aku hanyalah seorang pemula dalam banyak hal. Dan untuk kesekian kalinya aku mengandalkan pengalaman untuk membuat sebuah artikel. 

Ya, pengalaman adalah guru terbaik. Ajaibnya karena pengalaman pengalaman inilah, aku punya keberanian untuk mulai menulis. He kok jadi bahas yang lain. Kembali lagi ke topik awal ya. Aku akan bahas dari sudut pandangku sebagai perawat dan pengalaman merawat seorang lansia. 

Keperawatan didefinisikan sebagai ilmu pengetahuan dan suatu seni yang memfokuskan pada mempromosikan kualitas hidup yang didefinisikan oleh orang atau keluarga, melalui seluruh pengalaman hidupnya dari kelahiran sampai asuhan pada kematian.

Keperawatan dikatakan sebagai seni. Maksudnya begini, setiap manusia terlahir ke dunia ini dengan beragam keunikan antara satu individu dengan individu lain memiliki perbedaan. Sehingga bentuk perlakuan dan cara merawat manusia pun tak hanya mengandalkan tenaga dan pengetahuan, tapi juga perlu mengkombinasikan perasaan dan menaburinya dengan bubuk seni. 

Bicara soal merawat lansia, sebenarnya cakupannya luas. Bukan hanya seorang perawat yang bisa memiliki keterampilan untuk merawat lansia. Tapi semua orang juga bisa ikut berperan serta merawat lansia dalam sisi tertentu. 

Menurut Undang-Undang No. 13 tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lansia, Lansia adalah orang yang telah berusia 60 tahun ke atas

Merawat lansia (lanjut usia) sebenarnya tentang bagaimana kita bisa memberikan pengalaman terbaik untuk mereka pada tahap akhir kehidupannya dengan kondisi fisik, psikologi, sosial dan spiritual yang tentu saja sudah dan akan terus berubah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN