Mohon tunggu...
Ade Apriliana
Ade Apriliana Mohon Tunggu... Mahasiswa

Jika kau menghargai orang lain, maka orang lain akan menghargaimu

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Kegiatan Bakti Sosial Membantu Warga Korban Bencana Longsor Kelurahan Ciganjur Jakarta Selatan

24 Desember 2020   22:20 Diperbarui: 24 Desember 2020   22:57 143 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kegiatan Bakti Sosial Membantu Warga Korban Bencana Longsor Kelurahan Ciganjur Jakarta Selatan
dok. pribadi

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan lapangan bagi mahasiswa yang menempuh bagian akhir dari program pendidikan S1 yang bersifat wajib karena program ini mampu mendorong empati mahasiswa.

Salah satu bentuk kegiatannya yaitu pengabdian kepada masyarakat yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi dan dibawah bimbingan dosen pembimbing. Walaupun saat ini sedang terjadi pandemic covid 19, hal ini tidak menjadi halangan bagi mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan KKN.

Dalam beberapa hari ini cuaca di wilayah Jakarta sering dilanda hujan deras yang mengakibatkan bencana longsor salah satunya di Jalan Damai Kelurahan Ciganjur Jakarta Selatan pada tanggal 10 Oktober 2020 pukul 18.50, karena bencana longsor tersebut hal ini juga mengakibatkan aliran sungai tertutupi atau tertimbun tanah maka terjadilah banjir dengan ketinggian sekitar 70 hingga 150 cm, sebanyak 100 warga mengungsi ke tempat yang lebih aman.

Pada tanggal 18 Oktober kami mahasiswa STMIK Nusa Mandiri turun langsung ke lokasi kejadian longsor untuk melaksanakan kegiatan KKN sekaligus membantu warga jalan damai membersihkan material longsor dan banjir, juga memberikan bantuan.

Menurut warga sekitar, 1 rumah warga mengalami kerusakan dan 1 orang meninggal berjenis kelamin perempuan berusia kurang lebih 45 tahun, bencana banjir juga mengakibatkan kerusakan material seperti peralatan dan perabotan rumah tangga, walaupun material longsor sudah dibersihkan dari pemukiman warga dan aliran sungai sudah lancar, jika tiba tiba hujan warga masih takut dan was was karena air bisa saja meluap melalui celah lantai rumah mereka.

Selain kami (Mahasiswi STMIK Nusa Mandiri) banyak juga organisasi dan pemerintah yang datang memberikan bantuan baik tenaga maupun materi seperti organisasi karang taruna kelurahan Ciganjur, Organisasi Pemuda Pancasila, PPSU dan lain lain.

dok. pribadi
dok. pribadi
Semoga bantuan yang diberikan kepada warga korban longsor dapat bermanfaat dan dapat digunakan. Pengalaman yang kami dapat sebagai mahasiswa ditempat ini yakni kesadaran sosial yang sangat besar sedang terjadi di sini, banyak sekali bantuan bantuan dari berbagai tempat berdatangan. Itu menandakan rasa gotong royong dan saling peduli yang masih tertanam jelas di dalam hati masyarakat Jakarta dan sekitarmya.

VIDEO PILIHAN