Mohon tunggu...
ADE SURIYANIE
ADE SURIYANIE Mohon Tunggu... Guru - Guru

Senang belajar tentang kepenulisan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Parameter untuk Panduan Rapor PAUD

15 November 2022   22:45 Diperbarui: 15 November 2022   23:00 161
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Tak terasa hari terus berlalu berganti ke Minggu, dari Minggu menuju bulan, dan hingga satu masa setahun. Waktu terasa cepat berlalu  dan sepertinya baru kemarin dilalui, tahu-tahunya sudah berganti di penghujung tahun. Pergantian tahun biasanya kita melakukan instrospeksi diri sejauh mana pencapaian yang sudah kita lakukan untuk mengisi waktu dengan kegiatan berarti. 

Jika hari ini kita tidak melakukan sesuatu hal yang baik, alangkah ruginya. Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin meskipun kamu hanya melemparkan sebuah senyuman tanpa tahu isi hati mu. Bak pesawat tempur diri mu berlalu begitu saja melesat dalam hitingan kecepatan cahaya. 

Senyuman itu memiliki banyak makna tersirat di dalamnya. Salah satunya senyum di waktu susah itu tanda ketabahan, oh ya?

Sebagai seorang Guru PAUD manakala mendapati siswa yang lucu-lucu dan imut-imut di awal tahun ajaran baru begitu terasa perjuangannya untuk mendapatkan hati mereka. Dengan segala upaya Guru PAUD berusaha menyelami kedalaman hati seluruh siswanya yang memiliki keunikan yang berbeda satu dengan lainnya. Perlu waktu untuk bisa membuat seluruh siswa di kelas bisa fokus. 

Fokus...fokus..ayo dimulai..!

Awal tahun ajaran baru adalah masa penjajakan seorang Guru menyelami perilaku belajar siswa. Pembiasaan pembentukan perilaku belajar ini perlu waktu sekitar satu hingga tiga bulan. Bagi siswa yang tidak mengalami hambatan dalam menerima pembelajaran waktu tiga bulan ini sudah terbiasa belajar fokus dan terlihat perkembangan belajarnya. 

Tujuan utama dari pembelajaran di PAUD mengenalkan dasar-dasar pra literasi, pra numerasi, dan kemampuan perkembangan lainnya yang sudah dirancang pembelajarannya sesuai usia perkembangan. Hal ini nantinya akan disampaikan sejauh mana kematangan proses belajar siswa pada Orang tuanya dalam sebuah rapor. Guru berpedoman pada panduan penilaian yang sudah dibuat oleh tim pengembang kurikulum PAUD dari Dinas Pendidikan

Ada beberapa  siswa yang masih perlu beradaptasi dengan pembiasaan perilaku belajar fokus di kelas. Perjalanan pembelajaran di sekolah saat ini sudah memasuki bulan kelima dan sebentar lagi akan dibagikan sebuah rapor perkembangan belajar siswa selama satu semester ini. Masih ada dijumpai siswa yang belum terbentuk perilaku belajarnya. 

Apakah Guru bisa tersenyum dengan lepas tanpa beban perasaan jelang pembagian rapor semester ganjil ini? Senyuman Guru di masa-masa kepayahan trisemester pertama sudah sedikit melandai. Dari jumlah siswa di kelas yang belum terbentuk perilaku belajarnya ada sekitar seper sekian persen. 

Parameter untuk pedoman penilaian siswa sudah dibuat sejak bulan pertama siswa bersekolah. Asesmen yang dilakukan dari bulan ke bulan hingga jelang pembagian rapor di semester ganjil bulan depan sudah mulai direkap oleh Guru. Pencatatan laporan asesmen ini dilakukan dengan cara mengamati perilaku belajar siswa di kelas dalam kesehariannya. 

Parameter perkembangan apa saja yang mulai dilakukan pencatatannya terutama siswa kelompok usia 4-5 tahun untuk dijadikan bukti fisik atau fortopolio siswa dari awal bersekolah di bulan Juli lalu hingga akhir bulan November ini?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun