Mohon tunggu...
addin negara
addin negara Mohon Tunggu... swasta -

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Merawat Kebersamaan dalam Keluarga

9 November 2016   21:55 Diperbarui: 9 November 2016   23:25 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Kebersamaan dalam keluarga tentu harus dirawat. Apalagi di era gadget ini. Tua-muda akrab dengan gadget. Bayi pun tak kalah pintar dengan kakaknya yang SD saat pegang gadget. Wah-wah, keberadaan orang tua bisa tergantikan oleh gadget. Begitu pun sebaliknya. Orang tua pulang kantor, yang dipegang gadget dulu, bukan anak-anak. Sedih rasanya.

Karena itu, kebersamaan harus-kudu-wajib dirawat! Dan bagi saya, salah satu cara merawatnya adalaaah dengan meja makan. Lho? Iya, meja makan itu penting. Meja makan itu tempat mengumpulkan keluarga. Di meja makan, tak boleh ada gadget. Yang boleh dibawa hanya diri sendiri dan menu spesial. Apa menunya? Nah, yang namanya menu kesukaan memang agak-agak ribet. Kalau masak sendiri, kakak dan adik punya selera masing-masing. Si sulung, penyuka sop. Adiknya penyuka telur. Ayah, tak masalah makan apa pun. Saya, penyuka pedas.

Sayangnya dalam hal masak, saya tak pandai-pandai amat. Sering sih coba-coba resep, googling ini itu, lalu taraaa jadilah masakan ala saya di mana adonan martabak berubah jadi pancake gara-gara adonan tidak mengembang. Atau resep mie aceh yang jadi soto. Belum seabrek kerempongan yang ditimbulkan :D

Tapi, kalau memang ribet dan sedang malas, nggak perlu susah-susah sebenarnya. Kumpul keluarga tetap nomor satu. Tinggal pilih menu KFC  aja lalu delivery order. Beres!

Saya mengenal KFC sudah sejak kecil. Waktu itu, ibu saya biasa membelikan ayam krispi ini sepulang dari kantor. Di rumah, saya, adik, ayah, dan ibu akan menyantapnya bersama-sama. Ayam krispi dari KFC itu tentu saja langsung jadi menu favorit kami. Kriuk-kriuk di gigitan pertama itulah yang membuat saya ketagihan. Selain itu, saya pun menyukai rasa gurih dan lembut sup KFC. 

Sekarang, setelah punya krucil, saya selalu ingat kebersamaan yang terjalin dengan si krispi ini. Kadang, saya sengaja mengajak mereka ke KFC terdekat, bukan hanya makan tapi juga bermain. Ada perosotan dan rumah-rumahan yang bisa dicoba. Bungsu saya yang memang sedang aktif-aktifnya, suka sekali keluar masuk dan lari-larian di sana. Kakaknya pun sama. Ikut berlarian bersama adik.

Sambil menunggu anak-anak, saya pilih-pilih menu. masing-masing punya menu favorit. Adik pilih french fries. Kakaknya cream soup. Es krim sundae tak ketinggalan. Plus, saya pesankan juga menu yang sepaket (nasi plus ayam). Pastinya setelah main-main, anak-anak akan lapar.

Nah, biasanya setelah capek main-main, anak-anak berlarian ke meja. Comot sana, comot sini. Si kecil akan makan dengan ayahnya. Saya bareng si kakak. Jadilah dua kubu, father and son. Mom and daughter. Saya menggunakan kesempatan ini untuk ngobrol dengan kakak. Girly things. Obrolan ringan ya, secara si kakak kan masih SD. Biasanya sih seputar sekolah dan teman-temannya.

Momen ngobrol cerita seperti ini buat saya sangatlah berharga dan harus dijaga. Saya memang ingin punya ruang dengan si kakak untuk ngobrol, meski sebentar. Begitu juga sebaliknya. Si adik dengan ayah. Buat saya, penting orang tua dan anaknya ngobrol bareng. Supaya terbuka. Mungkin saat ini cerita yang keluar hanya seputar sekolah dan teman-temannya. Suatu saat akan ada banyak hal yang dibagi. Sebagai orang tua, ketika anak-anak bersikap terbuka, akan lebih mudah bagi kita untuk membimbing.  

Nah, biar lebih erat lagi, ada menu baru lho di KFC. Sewaktu promonya baru launching, saya langsung suka! Padahal belum mencicipi, baru lihat gambarnya saja. Hot and cheesy chicken. Dari namanya saya sudah membayangkan keju yang melting di lidah. Dan yang pasti, dua krucil saya kan memang suka keju. Jadi pas bangetlah menu ini. Ada crème cheese float juga, teh dengan topping es krim KFC plus saus keju, yang bikin saya penasaran. Pastinya ini duo yang tidak boleh dilewatkan. Nah, biar seru, menu ini akan saya hadiahkan untuk krucil saya setelah beberapa ujiannya selesai. Haha... biar semangat!  

Merayakan momen spesial memang mesti dengan menu spesial. Buat saya, momen seperti apa pun asalkan bersama dengan keluarga, akan tetap terasa spesial. Kebersamaan dalam keluarga adalah anugerah yang patut disyukuri.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun