Mohon tunggu...
Adam Pratama
Adam Pratama Mohon Tunggu... Amorfati Fatum Brutum

Akan datang suatu hari ketika manusia untuk pertama kalinya memiliki kesempatan penuh untuk tumbuh dan berkembang dalam sinar mentari yang bebas dan murah hati.

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Bersyukurlah, Niscaya Insecure-mu Akan Hilang

15 Mei 2020   16:30 Diperbarui: 15 Mei 2020   16:39 316 5 1 Mohon Tunggu...

Berbicara perihal Insecure, tentu saja belum lengkap kalau kita tidak mengetahui apa arti atau makna dari Insecure itu sendiri. Insecure adalah perasaan tidak aman, tidak tenang, gelisah, dan takut akan sesuatu kondisi. Perasaan ini bisa hadir karena banyak hal, misalnya karena merasa bersalah, malu, merasa banyak memiliki kekurangan dan tidak mampu.

Jadi, bisa kita simpulkan Insecure merupakan perasaan tidak percaya diri terhadap diri sendiri, bisa dalam hal berpakaian, postur tubuh, jabatan dll. Perasaan ini seharusnya jauh-jauh dibuang karena Insecure ini membut kita terhanyut dalam keterpurukan.

Jika kalian merasa Insecure terhadap diri kalian, kalian harus berhati-hati itu tandanya kalian kurang bersyukur atas karunia yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa kepada kalian. 

Di dunia ini tidak ada yang terlahir sempurna, karena sesungguhnya kesempurnaan itu hanya milik Tuhan Yang Maha Esa. Maka dari itu kesempurnaan yang seharusnya dimiliki oleh manusia itu bukannya tidak bercela seperti Tuhan Yang Maha Esa, malah sebaliknya, seharusnya manusia memang memiliki kelebihan dan kekurangan untuk memenuhi kekurangan dan kelebihan yg dimiliki oleh orang lain. Manusia diciptakan dengan kodrat makhluk sosial, karena membutuhkan satu sama lain. 

Dengan demikian kalian harus mulai memperhatikan sekeliling kalian karena masih banyak orang-orang di luar sana yang mengharapkan kondisi seperti yang kalian miliki saat ini.

Memang pada hakikatnya manusia tidak mudah puas, manusia akan terus menerus mencari yang lebih dari apa yang ia miliki, mindset seperti inilah yang harus diubah. Dan mulai memperbanyak rasa syukur terhadap karunia yang telah diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada diri kita semua.

Ada beberapa faktor yang membuat kita menjadi Insecure sampai lupa bersyukur, berikut beberapa faktor tersebut :

1. Kebiasaan membandingkan diri sendiri dengan orang lain

Nah, ketika kita suka membandingkan diri kita dengan orang lain, kita akan melihat kelebihan orang lain yang tidak dimiliki oleh diri kita. Hal itu lah yang membuat kita menjadi tidak percaya diri dan berhentilah membandingkan diri kalian dengan orang lain. Percayalah Tuhan itu Maha Adil, setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan, jadi yakini dalam diri kalian bahwa kalian itu spesial :)

2. Selalu melihat ke atas sampai lupa melihat ke bawah

Ini yang sering kita lakukan, saya yakin kita semua pasti pernah melihat ke atas tanpa melihat kebwah. Hal ini yang membuat kita menjadi pribadi yang tidak bersyukur, seharusnya ketika kita melihat keatas kita juga harus melihat ke bawah, agar kita sadar bahwa dibawah kita masih ada yang lebih kekurangan daripada kita, dan kalian juga harus percaya diatas langit masih ada langit, jadi guys mulailah dari sekarang perbanyak rasa bersyukur!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x