Mohon tunggu...
Adam Afrixal Sinuraya
Adam Afrixal Sinuraya Mohon Tunggu... Seorang Penulis Biasa

Seorang pelajar seumur hidup. Saya ingin berbagi pemikiran dan pengalaman saya lewat berbagai hal. di kompasiana saya ingin belajar menulis lebih lanjut. https://www.adamafrixal.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"The Silenced" (2015), Rahasia Misterius di Asrama Putri

25 Maret 2020   07:00 Diperbarui: 25 Maret 2020   07:08 96 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"The Silenced" (2015), Rahasia Misterius di Asrama Putri
goldposter.com / The Secret Garden Generation Blue Films

Pada masa lockdown karantina dari virus korona. Saya produktif untuk menonton film dan menulis. kesempatan kali ini saya akan mereview sebuah film dari negeri gingseng yang berjudul the silenced. Film ini dulu dirilis tahun 2015 tapi aku baru nonton belum lama. Hal yang bikin tertarik sih trailernya yang penuh shot shot dan cinematography yang keren abis.

Silenced(2015) menceritakan kisah seorang murid pindahan dari tokyo Jepang yang bernama shizuko (Park Bo Young) di tengah semester ke Sebuah sekolah asrama wanita yang tersembunyi di tengah hutan. Di sekolah ini, semua murid bersaing untuk dapat dikirim ke Tokyo, Jepang. Jadi settingnya banyak orang korea yang belajar dengan bahasa jepang.

Pada awal cerita, shizuko harus adaptasi aturan asrama yang terasa sedikit aneh. Sikap shizuko yang agak tertutup dan pendiam membuatnya terasa sulit untuk dimengerti dan  didekati. Shizuko ini lemah dan sepertinya memiliki penyakit parah, batuk batuk berdarah. Dia sempat di bully saat pertama kali datang oleh teman temannya karena sikapnya yang pendiam.

Sekolah ini sepertinya penuh dengan orang-orang sakit. Di sekolah ini murid diwajibkan untuk meminum obat. Shizuko perlahan mengetahui dulu ada sebuah  wanita bernama shizuko juga di sekolah itu, yang sepertinya kisahnya menjadi tabu. Semua murid muridnya aneh dan sikapnya awkward, kelihatan tidak normal.

Seorang teman wanita di kelas namanya Hyun dok atau Kazue berhasil menjadi dekat  dengan shizuko yang nama aslinya cha ju ran. Kazue ini  diprediksi akan dikirim ke Tokyo karena prestasinya bersama murid lain yang namanya Yukka. Kazue yang belum pernah melihat laut diajak Shizuko untuk kabur dari sekolah dalam satu momen untuk pergi ke danau, dan disinilah awal persahabatan mereka dimulai.

Kazue bahkan mengajak Shizuka untuk main ke basement sekolah untuk memperlihatkan catatan shizuko yang sebelumnya dan sebuah pemutar piringan hitam lama. Shizuko yang sudah mulai mendapatkan teman mulai percaya diri dan mulai kuat. Namun salah seorang murid yang bernama Yukka lanjutkan pembulliannya terhadap shizuko, mungkin karena cemburu atas hubungannya dengan Kazue.

Ketika Shizuko mulai mengeksplorasi tentang buku catatan shizuko yang lama dia mulai merasakan kejanggalan kejanggalan yang mengintainya. Tak lama kemudian salah seorang murid bernama eguchi hilang dan sekolah hanya mengatakan dia dijemput orang tuanya. Hal tersebut juga terjadi pada murid lain yang bernama Kirra nantinya, hanya dengan alasan pindah sekolah.

sepertinya shizuku jatuh cinta sama yang namanya kazue dan ingin pergi ke Tokyo bersamanya. Setelah kematian salah seorang murid kirra, shizuko seperti mendapatkan kekuatan dan dapat sembuh. Dia berhasil mendapatkan beasiswa ke Tokyo, menggantikan kazue dan yukka. Hal ini tentunya membuat Yukka marah dan membully shizuko, dan membuat shizuko mengeluarkan kekuatan barunya yang membuatnya sangat kuat dan mencekik yukka hingga pingsan.

Setelah kejadian itu terdapat jarak antara kazue dan Shizuko. Namun mereka dapat berteman kembali. Mereka menyelinap ke ruang guru dan menguping percakapan antara guru dan seorang pemuda militer. Dan disinilah mulai terbongkar rahasia sekolah.

SPOILER ALERT
Ternyata sekolah itu dibangun untuk memproduksi wanita-wanita super yang akan digunakan sebagai tentara Jepang. mereka dibuat kuat dengan bantuan eksperimen, pengkondisian hidup dan juga obat-obatan yang mereka konsumsi setiap hari.namun obat-obatan itu selain menciptakan fisik yang kuat ada efek samping pada diri mereka.

Setelah mengetahui rahasia tersebut, mereka memiliki kebimbangan untuk tetap tinggal di asrama. Yuka yang telah terbangun dari pingsannya, pemanjat pohon tertinggi dan lompat dengan tujuan membunuh dirinya. Ditengah keramaian tersebut kazui dan Shizuka memutuskan untuk lari kabur dari sekolah. Mereka berlari dengan harapan menemukan sebuah desa namun dikecewakan oleh fakta bahwa mereka terletak di dekat sebuah base militer Jepang.

Shizuko pada akhirnya ditangkap kembali ke asrama sedangkan kazue berhasil kabur namun berjanji akan menyelamatkan Shizuko. Kazue berusaha menyelamatkan shizuko malah akhirnya tertangkap oleh pemuda militer dan akhirnya terbunuh dengan cara ditenggelamkan. S

hizuko yang sudah akhirnya sadar, melihat ruang eksperimen dan mayat teman temannya yang hilang dalam kondisi beku, mulai dari shizuko lama, kirra, eguchi, dan yukka. Amarah dan emosi shizuko tak terbendung ketika dia melihat mayat sahabatnya yang tenggelam. Pas scene ini rasanya sedih banget.

Shizuko dengan kekuatan supernya sekarang baru melakukan balas dendam terhadap pihak sekolah dan pihak militer yang ada di sekolah. Pada akhir cerita shizuku berhasil membalaskan dendam teman-temannya namun kehilangan nyawanya karena efek obatnya habis. Suruh teman-teman shizuku di sekolah menjadi tidak stabil karena efek obat dan pada akhirnya membuat sebuah mahakarya sulaman pada tubuh pengurus (Sumpah ini geli geli serem tapi unik banget cinematographynya).

Pada akhir hidupnya, terdapat sequence yang mungkin sebuah mimpi, yang isinya shizuko dan kazue mendengarkan sebuah piringan hitam sudah lama tidak diputar di basement sekolah.

Menurutku film ini cukup menarik. Film ini juga menunjukkan kefasihan para pemerannya untuk menggunakan bahasa lain, karena banyak dialog dilakukan dalam bahasa Korea dan Jepang. Para pemerannya juga dapat mengucapkan bahasa jepang dengan cukup baik. Dalam kelas semua percakapan dilakukan dalam bahasa Jepang.

Pada awal film, aku merasakan kesulitan untuk membedakan pemeran satu dengan pemeran lainnya. Apalagi mereka mengenakan seragam dan model rambut yang sama. Hingga akhirnya pada potongan film aku mulai mengenal karakteristik tokoh yang ada di film. Aku mengenal kazue dan shizuko karena fokus interaksi mereka yang lumayan "spesial", bahkan bisa dikatakan mereka seperti jatuh cinta daripada sahabat.

Secara jujur aku lebih suka bagian pertama hingga tengah film ini. Di mana ada lebih banyak misteri tentang sekolah dan murid-murid yang ada di sekolah ini. Hubungan antara siswa guru dan murid-murid lainnya jauh lebih menarik dibandingkan bagian akhir film ini. Kalau diawal film penuh dengan suasana misteri dan ketenangan, bagian akhir film penuh dengan aksi dan thriller.

Selama ini memiliki art direction dan cinematography yang cukup menarik. Musiknya juga membantu membuat atmosfer yang sangat misterius dan mengerikan. Performance aktingnya juga sangat baik. Meskipun jalur ceritanya benar-benar di luar prediksi dan agak terlalu jauh dari cerita awal, aku tetap menikmati film ini.

Pemeran Kazue (Park So-Dam) dapat menyampaikan emosi dengan baik ,ekspektasiku tentang dia gak salah emang sejak nonton dia main di film parasyte. Dan pemeran lain yang menyebalkan adalah Kepala sekolahnya (Uhm Ji-won), namun Hal itu membuktikan bahwa antagonis yang baik.

Dari film ini aku mendapatkan pesan tentang kebebasan hidup, dan ada kritik tentang otoritas militer Jepang meskipun terlihat absurd di film ini. Dan kenapa film ini berjudul the silenced mungkin karena rahasia tentang sekolah yang disembunyikan dalam kesunyian dan tabu dibicarakan.

Buat kalian yang suka nonton film horor atau lebih tepatnya thriller, aku recommend film ini deh meski agak aneh dan ceritanya berubah genre setengah jalan. Aku berani kasih nilai 7/10 paling gak karena aktrisnya bagus.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x