Mohon tunggu...
Aditya Dwiki
Aditya Dwiki Mohon Tunggu... Pribadi

Superman

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Senjata Terkuat Dikagumi Dunia

29 Juli 2019   08:32 Diperbarui: 29 Juli 2019   08:47 0 2 2 Mohon Tunggu...
Senjata Terkuat Dikagumi Dunia
sumber: authgram.com

Sebelumnya, usai menerima kunjungan silaturahmi PA 212, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu dengan tegas mengatakan bahwa kekuatan pertahanan terkuat Indonesia adalah sebab persatuan.

Sungguh tepat pernyataan Menteri Ryamizard! Memang terbukti, sejak berhasilnya Indonesia merdeka hingga kini dalam kondisi negara yang relatif aman dari ancaman asing, kuncinya adalah eratnya persatuan nasional.

Bayangkan saja; tanpa persenjataan yang kuat, hanya bermodal bambu runcing atau senjata tradisional lain, Indonesia mampu mengalahkan penjajah. Alhasil: Indonesia merdeka.

Begitu juga usai merdeka, betapa kagumnya negara luar dengan Indonesia. Meskipun terpisah pulau, provinsi, beragam adat, suku, tradisi, budaya, bahasa, agama, namun dapat hidup berdampingan. Semua merasa dan mengakui sebagai bagian Indonesia.

Kendati terpisah pulau dan provinsi dengan segala kekayaan keragamannya, namun tak satupun rela bila wilayah lain di Indonesia direbut atau coba diganggu asing. Maka semua akan menentangnya.

Jadi, itu memang senjata terkuat Indonesia. Persatuan nasional. Persatuan seluruh rakyat Indonesia. Persatuan telah membuktikan Indonesia utuh hingga kini.

Bakal percuma punya senjata canggih tapi jiwa masyarakat Indonesia lebih mengedepankan egonya. Masa bodoh dengan nasib Indonesia dan gangguan saudara sebangsanya.

Tak ada tawar menawar lagi soal prinsip persatuan nasional di Indonesia, seperti diserukan Menteri Ryamizard. Kita memang punya senjata terkuat yang dikagumi dunia.

KONTEN MENARIK LAINNYA
x